33 Program Studi di Unhas Akan Jalani Visitasi Akreditasi Internasional

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Sebanyak 33 Program Studi di Universitas Hasanuddin akan menjalani proses visitasi dari lembaga akreditasi internasional ASIIN dan FIBAA pada tahun 2024. Proses visitasi akreditasi sudah dimulai sejak 21 Februari lalu akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) untuk 20 program studi.

ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga Akreditasi Eropa yang berkedudukan di Jerman, khusus untuk program studi Teknik, Informatika/Komputer, Ilmu Alam, dan Matematika.

Sementara itu, FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan Lembaga akreditasi yang melakukan penjaminan mutu dan pengembangan kualitas pendidikan tinggi berbasis di Bonn, Jerman, berdiri pada tahun 2002.

Melalui wawancara pada Kamis (07/3/2024), Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc., selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas menjelaskan, secara umum akreditasi internasional merupakan upaya Unhas untuk meningkatkan reputasi global yang dilakukan secara konsisten sejak 2017 lalu.

Lebih lanjut, Prof Musrizal menambahkan pada awal tahun 2024 proses visitasi sudah dilakukan, mulai dari lembaga internasional ASIIN untuk 20 prodi pada berbagai fakultas di Unhas sejak 21 Februari lalu yang terbagi dalam beberapa cluster. Hingga saat ini, masih ada dua prodi yang akan menjalani proses visitasi ASIIN pada Juni mendatang.

“Tahun ini ada 33 prodi yang akan menjalani visitasi akreditasi internasional. Dimulai dari visitasi ASIIN untuk 20 prodi. Selama ini proses visitasi berjalan baik tanpa komplein dari para assessor, meskipun ada beberapa hal yang harus dioptimalkan atau diperbaiki oleh masing-masing prodi. Untuk ASIIN, assessor tidak hanya melakukan pertemuan dengan rektor dan koordinator prodi. Namun, juga melakukan diskusi dengan mahasiswa, alumni, staf pengajar, serta institusi atau industri yang menjadi mitra dari program studi terkait,” jelas Prof Musrizal.

Lebih lanjut, Prof Musrizal menambahkan setelah proses visitasi dari para assessor, selanjutnya para assessor akan membuat laporan utuh yang nantinya perlu dijawab oleh Unhas berkaitan dengan kesedian mengimplementasikan rekomendasi tim assessor berdasarkan hasil visitasi yang telah dilakukan. Untuk hasil visitasi sendiri akan diberikan kurang lebih tiga bulan mendatang setelah proses visitasi selesai.

Secara umum, hingga saat ini Unhas memiliki 59 prodi yang telah terakreditasi internasional pada berbagai lembaga akreditasi internasional dalam berbagai jenjang, diantaranya 45 prodi Jenjang Sarjana, 6 Prodi Jenjang Magister, 2 Prodi Jenjang Doktor dan 6 Prodi Jenjang Spesialis.

Terkhusus untuk akreditasi internasional ASIIN pada 18 prodi yang telah menjalani proses assement, dibagi kedalam beberapa cluster diantaranya :
1. ASIIN Cluster A (21 Februari 2024)
– S1 Kimia
– S1 Farmasi
– S2 Ilmu Farmasi
2. ASIIN Cluster B dan F (28 Februari 2024)
– S1 Keperawatan – Ners
– S1 Statistik
– S1 Fisika
– S2 Keperawatan
– Spesialis Obstetri dan Ginekologi
– Spesialis Kardiologi dan Kedokteran Vaskular
3. ASIIN Cluster D (4 Maret 2024)
– Program Studi Biologi
– Program Studi Ilmu Kelautan
– Program Studi Kedokteran Hewan – Pendidikan Profesi Dokter Hewan
– Program Studi Magister Ilmu dan Teknologi Peternakan
– Program Studi Magister Ilmu Perikanan
4. ASIIN Cluster E (07 Maret 2024)
– S1 Kehutanan
– S1 Teknik Pertanian
– S2 Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
– S2 Pengelolaan Lingkungan
5. ASIIN Cluster C (Juni Mendatang)
– Prodi Magister Kedokteran Gigi
– PPDGS Sp.1 Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial

Adapun untuk prodi yang akan menjalani proses visitasi FIBAA yakni
1. FIBAA Cluster 3 (23 – 25 April)
– S1 Ilmu Komunikasi
– S1 Ekonomi Pembangunan
– S1 Hubungan Internasional
2. FIBAA Cluster 4 (6-8 Mei)
– S1 Hukum
– S1 Hukum Administrasi Negara
3. FIBAA Cluster 1 (27-29 Mei)
– S1 Bahasa dan Sastra Daerah Bugis Makassar
– S1 Sastra Indonesia
– S2 Linguistik
4. FIBAA Cluster 2 (2-4 Juli)
– S1 Akuntansi
– S1 Agribisnis
– S1 Manajemen
– S2 Manajemen
– S2 Ilmu Manajemen

Sebagai perguruan tinggi, Unhas terus berupaya memenuhi kriteria akreditasi internasional dari berbagai lembaga kredibel, untuk memastikan pemenuhan kualitas sesuai standar global. Proses akreditasi merupakan langkah peningkatan kualitas berkelanjutan yang terus dilakukan Unhas. Sebelumnya pada November 2023 lalu, sudah dilakukan proses visitasi IABEE untuk empat prodi jenjang sarjana pada Fakultas Teknik, untuk kemudian menunggu hasil dari proses visitasi tersebut.

Comment