Debat Kandidat Pilkada 2024, KPU Sulsel Serahkan ke Daerah

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, akan melaksanakan debat kandidat calon kepala daerah di daerah masing-masing wilayah pemilihannya, yakni 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Hasruddin Husain, setelah menjadi narasumber, pada acara Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Cafe Demokarasi Pemilihan Serentak Tahun 2024, di salah satu kafe di Kota Makassar, Senin (8/7/2024).

Ia mengatakan, KPU Sulsel mendesain debat menggunakan desain teknis kedaerahan. Yakni dikembalikan ke semua daerah masing-masing.

Melalui pendekatan secara teknis kedaerahan ini, harapannya debat pilkada bisa sukses digelar di masing-masing kabupaten kota.

“Kami sementara mempersiapkan memanggil 24 kabupaten/kota setelah kegiatan FGD dengan lembaga penyiaran. Paling tidak kami secara teknis kami sudah ada pola yang kami bangun,” tegasnya.

Rencananya, debat se-Sulsel akan digelar sebanyak 75 kali. Tiga kali untuk masing-masing 24 kabupaten/kota dan 3 kali untuk Pilgub.

Debat ini diharapkan bisa menyasar isu-isu strategis ke dalam materi debat.

Untuk pengamanan, provinsi akan berkoordinasi dengan Polda. Begitu pun kabupaten/kota akan berkoordinasi dengan Polrestabes.

Kegiatan debat ini masuk dalam tahapan kampanye. Pelaksanaan kampanye sesuai jadwal KPU mulai Rabu, 25 September 2024 – Sabtu, 23 November 2024.

Comment