6 Dosen Unhas Masuk Pemeringkatan World’s Top 2% Scientist 2024

MEDIAWARTA,MAKASSAR,-Enam orang dosen Unhas masuk dalam pemeringkatan World’s Top 2% Scientist 2024 atau 2% ilmuwan paling berpengaruh di dunia versi Stanford University dan Elsevier BV.

Keenam dosen tersebut yakni; Prof Dr Muhammad Alif K Sahide SHut MSi (Kehutanan), Prof Dr Eng Mawardi Bahri MSi (MIPA), Prof Dr Dahlang Tahir MSi (MIPA), Prof Anwar Mallongi SKM MSc PhD (FKM), Prof Firzan Nainu SSi MBiomed Sc PhD (Farmasi) dan Prof Andi Dian Permana SSi MSi PhD Apt (Farmasi).

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Sumbangan Baja mengatakan masuknya 6 dosen dan peneliti Unhas ke daftar 2% ilmuwan paling berpengaruh di tahun 2024 ini tentu sangat menggembirakan Unhas dan menunjukkan kinerja riset dan publikasinya terus meningkat.

“Inilah pencapaian terbaik dari kinerja riset dan publikasi selama ini. Kalau tahun-tahun sebelumnya, hanya ada 1 atau 2 orang yang masuk di daftar tersebut,” ungkapnya

Prof Firzan Nainu salah satu dari ke-6 dosen tersebut menyampaikan riset dan publikasi yang dihasilkannya di bidang imunologi. Yang menarik, Prof Firzan menggunakan lalat buah sebagai hewan uji coba, bukan tikus atau mencit yang selama ini lazim digunakan.

Menurut dia, penggunaan lalat buah lebih hemat operasional. Inovasi dari Prof Firzan pun patut diapresiasi karena menjadi yang pertama dari Indonesia dan diakui dunia.

Daftar ini mengacu pada data dari Elsevier BV, secara umum didasarkan pada jumlah publikasi dan seberapa sering seorang peneliti dijadikan rujukan oleh peneliti lain dari seluruh dunia. OKI, daftar tersebut sering juga disebut sebagai World’s Most Influential Scientists (Ilmuwan paling berpengaruh di dunia).

Elsevier BV adalah perusahaan teknologi yang menyediakan informasi ilmiah, teknis, dan medis. Elsevier merupakan salah satu penerbit jurnal ilmiah internasional terkemuka di dunia.

Elsevier didirikan pada tahun 1880. Sebelum tahun 2015, Elsevier bernama Reed Elsevier yang merupakan bagian dari RELX Group.

Elsevier menerbitkan lebih dari 600.000 artikel per tahun di lebih dari 2.800 jurnal. Lembaga ini juga menerbitkan e-book dan reference works.

Beberapa produk Elsevier, seperti ScienceDirect, Scopus, SciVal, dan ClinicalKey. Elsevier memiliki platform dan digital solutions untuk strategic research management, R&D, clinical decision support, dan professional education

 

Comment