FHut Unhas Gelar Konferensi Internasional Bahas Tata Kelola Valorisasi Lingkungan untuk Mitigasi Perubahan Iklim

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan Konferensi Internasional bertajuk The 3rd Biennial Conference of Tropical Biodiversity (BCTB 2023) dengan mengusung tema “Biodiversity and Governance for Environment Valorization To Mitigate Climate Change”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita di Hotel Aston Makassar, Selasa (8/8).

Hadir sebagai narasumber, Prof. Ts. Mohd. Nazip Suratman, Ph.D. (Faculty of Applied Sciences Associate Fellow, Institute for Biodiversity & Sustainable Development Universiti Teknologi MARA, UiTM Malaysia), Prof. Dr. Martin Zimmer (Zentrum für Marine Tropenforschung, Germany), Prof. Dr. Takahiro Fujiwara (Forest Environmental Sciences, Kyushu University, Kyushu, Japan), Dr. Christina Griffin (Agrarian Change and Climate Change Adaptation, The University of Melbourne, Melbourne, Australia), dan Dr. Peter Christiaan Speldewinde (Biostatistics and Ecology, University of Western Australia, Perth, Australia)

Mengawali kegiatan Ketua Panitia The 3rd Biennial Conference Tropical Biodiversity (BCTB 2023) Fakultas Kehutanan, Andang Suryana Soma, S.Hut., M.P., Ph.D. dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada panitia atas kerja keras dan kerjasamanya sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

“Terima kasih juga kami ucapkan atas dukungan dari beberapa sponsor yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini, dan para partisipan yang hadir pada konferensi internasional kali ini, saya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan ilmu baru terkait keanekaragaman hayati dan tata kelola valorisasi lingkungan untuk perubahan iklim,” jelas Andang

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan peserta kegiatan BCTB yang hadir baik secara online maupun secara offline.

“Apresiasi tertinggi bagi narasumber atas kesediaannya hadir pada kegiatan ini dan saya berharap informasi yang disampaikan oleh masing-masing narasumber menjadi solusi dalam menangani mitigasi perubahan iklim melalui keanekaragaman hayati dan tata kelola valorisasi lingkungan,” jelas A. Mujetahid.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof. Dr. Eng. Ir. Adi Maulana, S.T., M.Phil. dalam sambutan mengucapkan selamat kepada Fakultas Kehutanan Unhas atas terlaksananya kegiatan BCTB 2023.

“Selamat kepada Fakultas Kehutanan Unhas atas terlaksananya kegiatan BCTB tahun 2023, besar harapan kami kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi pengelolaan kehutanan dalam menghadapi mitigasi untuk perubahan iklim,” jelas Prof. Adi Maulana.

Lebih lanjut, Prof. Adi mengatakan bahwa mitigasi dapat diatasi dengan pengelolaan sampah dan limbah khususnya menurunkan emisi gas metana. Serta pengelolaan bangunan dan lingkungan hemat energi.

Usai sambutan Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas secara resmi membuka kegiatan Konferensi Internasional BCTB 2023.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber. Dr. Christina Griffin sebagai salah satu narasumber menjelaskan mitigasi perubahan iklim (climate change mitigation) merupakan tindakan untuk menghindari dan mengurangi emisi gas rumah kaca, sementara adaptasi perubahan iklim (climate change adaptation) adalah tindakan untuk menyesuaikan diri dengan konsekuensi perubahan iklim saat ini dan di masa depan.

“Berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan cara petani kecil Kecamatan Maros dalam mengantisipasi dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim adalah melakukan perluasan infrastruktur, memperluas potensi wisata dan menanam tanaman komoditas,” jelas Dr. Christina.

Beberapa dampak perubahan iklim terhadap petani kecil pertanian yakni, banjir yang menyebabkan gagal panen, pola cuaca yang kurang diprediksi dan intrusi air asin ke sawah.

Kegiatan berlangsung lancar, hingga pukul 16.00 Wita dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Comment