Dinas PU Kejar Target Pengerukan Saluran di Barat Kota

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pengerukan saluran air di wilayah barat kota sedang dikejar target penyelesaiannya oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar. Saluran sepanjang 350 meter ini menghubungkan Jalan Timor, Jalan Nusakambangan, Jalan HOS Cokroaminoto, hingga ke drainase utama Jalan Wahidin Sudirohusodo.

Dikerjakan sejak 3 Februari, wilayah ini ditargetkan rampung awal atau pertengahan Maret mendatang. Tingginya sedimentasi di sepanjang jalan, membuat proses pengerjaan memakan waktu cukup lama.

“Pengerukan di wilayah barat kota, merupakan tahap lanjutan dari proses pengerukan, yang dilakukan sepanjang 2016 hingga awal 2017. Pengerukan telah menyentuh di hampir 14 kecamatan secara merata,” ujar Kepala Dinas PU Makassar, Muhammad Anshar, Sabtu (11/2/2017).

Dinas PU mengalkulasi, pengerukan saluran air sejak 2016, telah menurunkan level genangan dan potensi banjir secara signifikan. Sedimentasi saluran yang cukup tinggi terjadi di tahun-tahun sebelumnya, diklaim mampu diatasi dalam setahun terakhir.

“Proses pengerukan biasanya memakan waktu, karena pembongkaran plat saluran. Apalagi di sepanjang Jalan Timor, Wahidin, Nusakambangan dan Cokroaminoto, banyak permintaan pembongkaran plat dari warga,” tambah Anshar.

 

Comment