Dosen UIN Makassar Jadi Pembicara Seminar Nasional Universitas STEKOM Semarang, Bahas Profesi Akuntan Era 5.0

MEDIAWARTA, MAKASSAR – UIN Alauddin Online – Dosen Akuntansi FEBI UIN Alauddin Makassar, Dr Jamaluddin Majid menjadi pembicara dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan Universitas STEKOM Semarang.

Webinar Nasional yang membahas Tantangan Digitalisasi Akuntansi Terhadap Profesi Bidang Akuntansi Menuju New Society 5.0 diselenggarakan melalui Zoom Meeting, Kamis 22 Desember 2022.

Dalam pemaparannya, Dr Jamaluddin Majid S E M Si CAP menjelaskan, profesi Akuntan era 4.0 menuju new Society 5.0 menjadi tantangan ke depan.

“Kehadiran Revolusi 4.0 beberapa model bisnis dan pekerjaan di Indonesia telah terkena dampak seperti toko konvensional mulai tergantikan dengan online,” jelasnya.

“Misalnya marketplace, Taksi dan ojek tradisional mulai digantikan dengan transportasi online, kasir sudah mulai di gantikan oleh mesin seperti ATM dan mobile banking serta beberapa tugas tenaga kerja sudah mulai digantikan dengan pekerjaan mesin,” sambungnya.

Menurut Dia, hal itu menjadi tantangan akuntan kedepan dalam rangka hadirnya new society 5.0.

“Unutk menghadapi hal tersebut sikap akuntan harus tetap mengedepankan etika, profesional, kemampuan kerjasama serta tidak ketinggalan dalam setiap perubahan teknologi dan informasi,” ungkapnya.

Dr Jamaluddin Majid menekankan, dukungan internet dan dunia digital dapat dijadikan sebagai wahana interaksi dan transaksi.

Comment