Fatmawati Rusdi Pimpin Rakor Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Makassar

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mepimpin rapat koordinasi bahas tuntas pengentasan kemiskinan ektrem di Kota Makassar, Senin (12/6/2023). / (MEDIAWARTA/Istimewa)

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mepimpin rapat koordinasi bahas tuntas pengentasan kemiskinan ektrem di Kota Makassar, Senin (12/6/2023).

“Permasalahan kemiskinan harus ditangani secara serius, koordinasi dan kolaborasi seluruh OPD. Butuh kerja bersama. Karena pengentasan kemiskinan mencakup banyak aspek, bukan hanya sebatas kondisi perumahan, kondisi kesehatan, bahkan hingga taraf pendidikan anak-anak,” tutur Fatmawati Rusdi.

Melalui rakor yang dihadiri staf ahli dan kepala OPD terkait, mendengarkan berbagai langkah dan program guna menuntaskan permasalahan kemiskinan ekstrem, di antaranya Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan, Bappeda, dan beberapa OPD lainnya.

Dalam rakor tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Muhyiddin menyampaikan telah menyiapkan tiga ribu beasiswa anak lorong bekerja sama Baznas Kota Makassar.

“Pemkot Makassar menyiapkan dua ribu beasiswa, sedangkan Baznas menyiapkan seribu beasiswa bagi anak lorong, dan ini membutuhkan koordinasi dengan camat, hingga RT/RW agar benar-benar tepat sasaran,” ujarnya.

Selain itu, permasalahan lainnya terkait penanganan anak jalanan (anjal), gelandangan, dan pengemis (gepeng) yang masih kerap dijumpai di beberapa titik di Kota Makassar.

“Akan patroli, pembinaan, hingga pemulangan jika ditemukan yang bukan warga Makassar. Sanksi tegas pun akan diberlakukan jika terbukti dan ditemukan adanya eksploitasi anak yang dilakukan oknum tertentu,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Armin Paera.

Pembahasan terkait pengentasan kemiskinan juga memaparkan terkait berbagai program guna penanganan stunting, hingga ketersediaan sanitasi yang layak dan sehat, serta rehabilitasi wilayah kumuh menjadi wilayah yang lebih baik lagi.

Comment