KPU Sulsel Gelar Kompetisi Debat Pelajar Antar Sekolah Se-Sulawesi Selatan 2024

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, menggelar ajang bergengsi Debat Pelajar Antar Sekolah se-Sulawesi Selatan Tahun 2024.

Acara ini bekerja sama dengan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Universitas Hasanuddin, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik generasi muda.

Sebanyak 96 peserta, terdiri dari siswa dan guru pendamping, mewakili 24 sekolah dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Para peserta sebelumnya telah lolos dari seleksi ketat di tingkat Kabupaten/Kota, sehingga berhak melanjutkan kompetisi ini di tingkat provinsi. Acara berlangsung selama tiga hari, dari 9 hingga 11 September 2024, di Mahoni Hall Claro Hotel Makassar.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Hasruddin Husain, menekankan bahwa kompetisi ini merupakan upaya untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula, terutama generasi Z yang akan memainkan peran penting dalam Pilkada Serentak 2024.

Acara ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan Pilkada yang akan digelar pada 27 November mendatang, meliputi pemilihan Gubernur, Bupati, serta Walikota.

Kolaborasi antara KPU Sulsel dan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Unhas ini juga bertujuan menciptakan ruang untuk pertukaran gagasan di antara para peserta.

“Debat ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga merupakan wadah untuk berbagi ide demi menciptakan solusi yang bisa diterapkan dalam mewujudkan Pilkada yang lebih demokratis,” ujar Hasruddin, Rabu (11/9/2024)

Pada puncak kompetisi, SMA Negeri 1 Bone berhasil meraih juara pertama setelah mengalahkan SMA Negeri 17 Makassar dalam debat bertema “Politik Identitas dalam Pemilihan Kepala Daerah.” SMA Negeri 7 Pinrang menempati posisi ketiga, sementara SMA Negeri 12 Luwu harus puas di peringkat keempat.

Selain penghargaan tim terbaik, dua siswa, Surya Saputra dari Pinrang dan Zakiah Izzati dari Makassar, dinobatkan sebagai Pembicara Terbaik dan Duta Pilkada Putra/i KPU Sulawesi Selatan 2024.

Comment