Prodi Magister Ilmu Kehutanan Unhas Gelar Workshop Percepatan dan Pendampingan Manuskrip Publikasi

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Program Studi Magister (S2) Ilmu Kehutanan menyelenggarakan Workshop Percepatan Publikasi dan Pendampingan Manuskrip Publikasi. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 Wita, Sabtu (11/5/2024).

Mengawali kegiatan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. Ir. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P., IPU. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua Program Studi Magister (S2) Ilmu Kehutanan telah menyelenggarakan kegiatan ini untuk membantu dan memudahkan mahasiswa S2 dalam percepatan publikasi dan penulisan manuskrip publikasi dalam rangka penyelesaian studi mahasiswa tepat waktu.

“Terima kasih kepada Ketua Program Studi S2 Ilmu Kehutanan Fakultas Kehutanan Unhas telah membuat terobosan baru dalam mempercepat penyelesaian studi mahasiswa yakni melakukan percepatan dan pendampingan penulisan manuskrip publikasi yang dilakukan lebih awal untuk mahasiswa baru,” tutur Dr. A. Mujetahid.

Lebih lanjut Dr. A. Mujetahid mengatakan bahwa kiranya mahasiswa program magister bisa memanfaatkan kegiatan untuk membantu dan memudahkan penulisan manuskrip publikasi. Dirinya berharap setelah kegiatan ini ada pendampingan bagi mahasiswa mulai tahap penulisan manuskrip publikasi sampai publish di jurnal internasional bereputasi terindeks scopus.

Hadir sebagai narasumber, Ir. Mukrimin, S.Hut., M.P., Ph.D., IPU. (Ketus Program Studi Magister Ilmu Kehutanan Fakultas Kehutanan Unhas), Dr. Nurhady Sirimorok, M.A. (Dosen dan Tim Pengelola Jurnal Forest and Society Fakultas Kehutanan Unhas) dan Dr. Kidung Tirtayasa Putra Pangestu, S.Hut., M.Si. (Ketua PMU Fakultas Kehutanan Unhas).

Ketua Program Studi Magister (S2) Ilmu Kehutanan Fakultas Kehutanan Unhas, Ir. Mukrimin, S.Hut., M.P., Ph.D., IPU. dalam materinya menyampaikan terkait kebijakan percepatan publikasi dan penulisan manuskrip publikasi.

Regulasi akademik program magister tertuang dalam Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 30/UN4.1/2023 tentang lama masa studi mahasiswa yakni minimal 3 semester dan maksimal 6 semester.

“Upaya minimalisir atau mencegah mahasiswa lambat dalam penyelesaian studi, Fakultas Kehutanan Unhas intens melakukan sosialisasi peraturan akademik, dialog akademik mahasiswa, monitoring kemajuan studi mahasiswa secara berkala, memberikan surat penyampaian masa studi satu tahun sebelum studi berakhir dan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dosen pembimbing,” tutur Mukrimin, Ph.D.

Lebih lanjut Mukrimin, Ph.D. mengatakan bahwa tak hanya itu Fakultas Kehutanan Unhas juga memfasilitasi dalam percepatan publikasi dan melakukan pendampingan penulisan manuskrip publikasi sampai submit dan dipublish pada jurnal internasional bereputasi terindeks scopus.

Dr. Nurhady Sirimorok, M.A. (Dosen dan Tim Pengelola Jurnal Forest and Society Fakultas Kehutanan Unhas), membawakan materi terkait percepatan publikasi dan pendampingan penulisan manuskrip publikasi bagi mahasiswa program magister Ilmu Kehutanan Fakultas Kehutanan Unhas.

“Salah satu cara yang efektif dan membantu kita dalam menulis manuskrip publikasi adalah membentuk sebuah komunitas karena berada dalam komunitas tersebut kita bisa saling sharing dan sedikit banyak bisa mendapatkan referensi dalam penelitian dan penulisan manuskrip publikasi,” jelas Dr. Nurhady.

Mengawali penulisan artikel penelitian tesis terlebih dahulu membangun kerangka (outline) tulisan yang dapat lebih membantu dan memudahkan dalam tahap penulisan artikel penelitian. Adapun kerangka tulisan tersebut meliputi rancangan penelitian, jumlah kerangka tulisan kurang lebih dari 3-4 halaman, mulai dengan bagian utama artikel ilmiah dan menuliskan sub-judul.

“Membangun kerangka tulisan membuka peluang menyusun logika artikel dimana 90 persen dari menulis artikel adalah kerangka dan ketika menemui kesulitan atau kebuntuan bisa kembali ke kerangka tulisan,” jelas Nurhady.

Beberapa contoh kerangka penulisan artikel ilmiah adalah abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan/analisis dan kesimpulan.

Usai pemaparan materi kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Kegiatan berlangsung lancar sampai pukul 16.00 Wita dan diakhiri dengan foto bersama.

Comment