Aksi Bersama Kema Mengabdi (ABADI) Vol.3 oleh BEM Kema FK Unhas 2024 di Polewali Mandar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Anreapi dan Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar. Aksi Bersama Kema Mengabdi (ABADI) Vol.3 ini melibatkan 140 mahasiswa yang didampingi oleh 18 dokter spesialis dan dokter umum alumni FK Unhas. 

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Agustus 2024 ini mencakup berbagai bakti sosial seperti sirkumsisi, pemeriksaan kesehatan gratis, termasuk pemeriksaan antropometri, tes gula darah, kolesterol, asam urat, serta penyuluhan kesehatan mengenai dispepsia dan hipertensi.

Dr. dr. Rina Masadah, M.Phil, Sp.PA(K), DFM, yang mewakili pimpinan sekaligus ketua tim, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari aplikasi tridarma Perguruan Tinggi dan peningkatan keterampilan mahasiswa. “Alhamdulillah, kegiatan kami mendapatkan respons positif dari masyarakat. Tercatat ada 140 pasien anak yang telah disirkumsisi, dan 147 pasien untuk pemeriksaan kesehatan,” ungkap Dr. Rina.

Sementara itu, Muh. Ziyad, Menteri Pengabdian Masyarakat BEM Kema FK Unhas 2024, menambahkan, “Kami ingin Keluarga Mahasiswa FK Unhas bisa menjadi garda terdepan dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh layanan kesehatan.”

Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan secara rutin dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk berkontribusi melalui pengabdian masyarakat.

Comment