Wujudkan Generasi Muda Sadar Pajak, Kanwil DJP Sulselbartra Selenggarakan Pajak Bertutur

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kantor Wilayah DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Kanwil DJP Sulselbartra) bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bulukumba dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Benteng menyelenggarakan Pajak Bertutur tahun 2024 di SMAN 9 Kepulauan Selayar pada hari Rabu
tanggal 7 Agustus 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh 60 siswa dari SMAN 9 Kepulauan Selayar yang dilaksanakan secara serentak dengan pelaksanaan Pajak Bertutur di seluruh unit kerja Direktorat Jenderal Pajak di Indonesia.

Berdasarkan data publikasi tahun 2023 diperoleh informasi bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas 1.357,03 km2 dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 137.071 jiwa.

Kabupaten Kepulauan Selayar ini memiliki fasilitas pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 142 unit sekolah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 57 unit sekolah, Sekolah
Menengah Atas (SMA) sebanyak 11 unit sekolah, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
sebanyak 8 unit sekolah.

sebanyak 84.046 orang penduduk bersekolah (61,32%) dan 53.025 orang penduduk tidak bersekolah (38,68%). Data statistik tersebut memberikan gambaran bahwa minat untuk sekolah di Kabupaten Kepulauan Selayar masih rendah dibandingkan dengan ketersediaan fasilitas pendidikan yang ada.

Sementara itu untuk membangun kesadaran pajak seperti yang diharapkan oleh pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sangat diperlukan adanya perhatian terhadap atensi (minat) belajar yang tinggi.

Salah satu bentuk atensi yang dikembangkan oleh Kanwil DJP Sulselbartra untuk membantu program pemerintah menumbuh kembangkan minat belajar salah satunya dengan memberikan motivasi kepada siswa melalui Pajak Bertutur untuk membangun wawasan yang baik bagi pendidikannya. Sehingga, adanya Pajak Bertutur ini diharapkan dapat membangun Pola Pikir dan Pola Pandang siswa terutama siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Selayar
untuk bangkit mewujudkan mimpinya menjadi orang sukses dengan belajar di perguruan tinggi yang telah banyak menyediakan fasilitas beasiswa.

Berdasar atensi terhadap minat belajar yang dikembangkan Kanwil DJP Sulselbartra untuk
mewujudkan kesadaran pajak yang tinggi di wilayah kerjanya inilah kegiatan Pajak Bertutur tahun 2024 dilaksanakan dengan tema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas”.

Sunarko, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra pada kegiatan Pajak Bertutur tahun 2024 di depan Guru dan Siswa SMAN 9 Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa pajak bertutur ini merupakan kegiatan edukasi perpajakan untuk generasi muda sebagai future taxpayer untuk mewujudkan kesadaran pajak
sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai semangat bela negara melalui Pajak, karena pajak kita untuk kita, dengan pajak semua dapat manfaatnya.

Di masa yang akan datang semua generasi muda ini diharapkan dapat mewujudkan mimpinya berhasil meraih cita-cita yang diinginkan, dan kelak akan muncul profesi yang beragam, serta kesadaran pajak akan tumbuh meningkat menjadi semakin kuat untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Comment