Tingkatkan Kualitas & Usaha Mitra Binaan, Pelindo Regional 4 Gelar Capacity Building

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar capacity building dengan memberikan pelatihan kepada mitra binaan kelompok rumput laut di Desa Batu Batu, Kelurahan Aeng Batu Batu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Pelatihan atau capacity building (pengembangan kapasitas untuk meningkatkan kemampuan individu maupun kelompok) diberikan kepada mitra binaan kelompok rumput laut, yang merupakan salah satu program pemberdayaan UMKM yang fokus dilaksanakan oleh Pelindo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan bahwa melalui Program TJSL, pihaknya memang telah berkomitmen untuk berpartisipasi meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pembinaan UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Adapun capacity building atau bantuan pelatihan yang diberikan kepada kelompok rumput laut di Galesong Utara, Takalar ini merupakan program TJSL bidang Pembinaan UMKM,” ujar Enriany melalui rilis yang disampaikan, Rabu (15 Februari 2023).

Menurut dia, dalam pelaksanaan capacity building tersebut pihaknya bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PMN) yang memberikan pelatihan dengan materi pengolahan makanan dan minuman berupa jus rumput laut, keripik rumput laut, dan sambal atau saus berbahan dasar rumput laut.

Sebelumnya lanjut Regional Head 4, kelompok rumput laut yang diberikan pelatihan merupakan kelompok yang telah cukup lama menjadi mitra binaan Pelindo. “Mereka adalah kelompok rumput laut yang sudah lama menjadi mitra binaan kami. Di mana pelatihan ini berguna untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil yang dijalankan agar menjadi tangguh dan mandiri,” tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa program capacity building atau pelatihan ini merupakan proses peningkatan dan pengembangan kemampuan mitra binaan di dalam mencapai tujuannya secara efektif dan efisien dengan terus menerus menjadi usaha skala menengah.

Selain memberikan pelatihan, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa peralatan penunjang usaha kepada kelompok rumput laut.

Enriany berharap melalui pelatihan yang diberikan akan meningkatkan kualitas dan kemampuan usaha kelompok rumput laut. “Diharapkan pula dengan bantuan berupa peralatan penunjang usaha kepada kelompok rumput laut yang diberikan, akan meningkatkan produksi rumput laut seluruh anggota kelompok khususnya di Galesong Utara, Kabupaten Takalar,” tukasnya.

 

Tentang Pelindo
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo, mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo berperan dalam menggerakkan perekonomian serta mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional.

Comment