Rektor Unhas Terima Kunjungan JICA dan BAPENNAS, Diskusi Peluang Percepatan SDGs

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menerima audiensi dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENNAS). Audiensi yang bertujuan membahas koordinasi dan peluang implementasi proyek JICA dalam mendukung percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di daerah ini. Acara berlangsung mulai pukul 14.30 Wita di Ruang Rapat Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin (15/7/2024).

Hadir dalam kunjungan tersebut, Yanuar Nugroho (Koordinator Tim Ahli Seknas, SDGs Bappenas), Hisaaki Mitsui (Koordinator Konsultan SDGs JICA), Rachman Kurniawan (Manajer Pilar Pembangunan, Bappenas), Heni Purwaningrum (Asisten Researcher Project SDGs, JICA), Fani (Staf Seknas SDGs, Bappenas). Turut mendampingi dari Unhas adalah Kepala Kantor Urusan Internasional dan Ketua SDGs serta Dosen FT.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof JJ memberikan beberapa langkah strategis yang berkelanjutan untuk mendorong percepatan pencapaian SDGs. Dirinya menekankan pentingnya kolaborasi antar lembaga dalam mencapai SDGs. Sebagai perguruan tinggi, Prof JJ menambahkan Unhas akan terus memberikan kontribusi dalam percepatan pencapaian SDGs.

“Melalui koordinasi yang baik, kita bisa memastikan bahwa setiap inisiatif dan program yang dijalankan selaras dengan kebutuhan dan prioritas daerah. Kita semua berharap audiensi ini dapat menghasilkan rekomendasi untuk percepatan SDGs,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, Hisaaki Mitsui menyampaikan berbagai inisiatif dan program yang telah dilakukan JICA di Indonesia. Dirinya menambahkan secara umum JICA berkomitmen untuk terus mendukung Indonesia dalam mencapai target SDGs melalui berbagai program kolaboratif. Tidak hanya itu, Hisaaki Mitsui juga memberikan gambaran tentang program JICA yang telah dilakukan.

Unhas bersama JICA dan Bapennas melakukan diskusi berbagai peluang program kolaboratif yang dapat dilakukan untuk mendukung percepatan pencapaian SDGs. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dengan diskusi dan pembahasan menarik tentang pencapaian SDGs.

Comment