Tingkatkan Wawasan PLC, Poltekbos Berikan Pelatihan Bagi Tenaga Kependidikan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Tenaga Kependidikan Politeknik Bosowa (Poltekbos) mengikuti pelatihan dan Uji kompetensi pengendalian motor listrik berbasis plc dan hmi scada untuk foreman, di Politeknik ATIM, Jumat(12/7/24).

Pelatihan dilakukan selama 2 hari mulai Kamis dan Jumat.

Kebutuhan sertifikasi kompetensi di KKNI level 5 bidang otomasi industri, skema Foreman.

Foreman merupakan seorang profesional yang bertugas memimpin seluruh kru yang terlibat di dalam proyek serta mengatur dan mengawasi segala jenis kegiatan yang dilakukan saat proyek sedang berlangsung.

Dalam uji kompetensi peserta diharapkan mampu mengoperasikan, memasang, memelihara, dan merancang serta menguji (komisioning) sistem SCADA menggunakan Remote terminal unit (RTU) berbasis PLC Omrom CP1L-L20DR-A dan Master Terminal unit (MTU) berbasis CX Supervisor.

Menurut salah satu penanggung jawab pelatihan, Lutfi mengungkapkan jika Sehubungan LSPnya merupakan LSP P1 yang hanya bisa melakukan kompetensi untuk mahasiswa atau mitra kerja sama yg sudah diberi pelatihan.

” Sebagai syarat administrasi maka peserta uji kompetensi dari politeknik bosowa kami bekali pelatihan dengan sertifikat tentang pengendalian motor listrik berbasis plc dan hmi scada untuk foreman,”paparnya.

Tenaga Kependidikan Poltekbos, Muhammad Rizky turut mengungkapkan kegiatan ini sangat menarik dan menambah wawasan dibagian PLC.

” Harapan saya sebagai peserta ke depannya, agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkala agar lebih menambah wawasan bagi yang membutuhkan pelatihan utamanya dalam sertikom,”pungkasnya.

Comment