Siloam Hospitals MoU Dengan GMTD Bangun RS Darurat Penanganan Pasien Covid-19

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah telah menetapkan 46 Rumah Sakit Penyangga Rujukan Penanganan Pasien Covid-19 yang diputuskan dalam SK No. 955/11/Tahun 2020 di mana Siloam Hospitals termasuk salah satunya. Penambahan Rumah Sakit rujukan ini akibat makin tingginya jumlah pasien positif Covid-19 di Makassar.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah dan untuk memperkuat fasilitas penanganan penyakit menular, dalam waktu dekat Siloam akan merealisasikan Rumah Sakit Darurat yang khusus dibangun untuk menangani pasien Covid-19. Siloam bekerja sama dengan GMTD untuk mewujudkan Rumah Sakit Darurat tersebut.

Pada awal April lalu, GMTD telah memberikan bantuan pada Siloam berupa gedung pemasaran yang dialih fungsikan sebagai ruang rawat pasien. Gedung ini yang kemudian di renovasi serta akan ditambah luasannya. Direktur RS Siloam dr. Herry Bertus mengatakan, “Rumah Sakit Darurat tersebut terpisah dari bangunan utama RS Siloam sehingga akan lebih sesuai dan aman untuk dijadikan ruang perawatan pasien positif Covid-19”, ungkapnya.

Associate Director GMTD Andi Eka Firman Ermawan menambahkan, “Ditunjuknya RS Siloam sebagai Rumah Sakit Penyangga Rujukan perlu didukung. Rumah Sakit Darurat ini nantinya dapat menampung 78 tempat tidur tambahan”, ujarnya.

“GMTD selaku pelaksana pembangunan rumah sakit darurat tersebut menargetkan penyelesaian pembangunan Rumah Sakit Darurat ini pada akhir April 2020. Tetapi secara bertahap sudah dapat difungsikan pada Senin 20 April 2020. Rumah Sakit ini dibangun sesuai protokol kesehatan dan akan dilengkapi dengan fasilitas isolasi untuk penyakit menular,” Eka menambahkan.

Comment