Gelar Kuliah Umum di Unhas, LPS Beri Wawasan Mendalam tentang Keamanan Simpanan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengadakan kuliah umum di Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Selasa, (17/8). Acara tersebut berlangsung di Auditorium Prof. Amiruddin dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa Unhas.

Mewakili Rektor Unhas, Mardani, SH., M.Si., selaku Direktur Keuangan, Akuntansi, dan Pelaporan Unhas, memberikan sambutan pembuka. Dalam sambutannya, Mardani menekankan pentingnya peran LPS sebagai lembaga independen yang menjaga stabilitas sistem keuangan nasional melalui penjaminan simpanan.

Ia juga menyinggung tentang pentingnya literasi keuangan bagi masyarakat, mengingat semakin banyaknya kasus penipuan yang melibatkan institusi keuangan palsu.

“Saya berharap para peserta kuliah umum ini dapat memanfaatkan kesempatan untuk menggali informasi lebih dalam tentang LPS, sehingga dapat meningkatkan literasi keuangan yang akan membantu mahasiswa sekalian dalam mengelola keuangan pribadi dengan lebih aman,” ungkap Mardani.

Pada kesempatan tersebut Mardani juga mengungkap rencana Unhas untuk mendirikan bank, yang kelak dapat menjadi tempat magang bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hadir dari LPS, Dr. Suwandi, Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank, dan Fuad Zaen, Kepala Kantor Perwakilan LPS III Makassar beserta tim.

Sesi kuliah umum yang dibawakan oleh Dr. Suwandi bertajuk “Mengenal LPS Lebih Dekat”. Ia memberikan wawasan mendalam tentang latar belakang pendirian LPS, efektivitas penjaminan simpanan, serta peran dan transformasi lembaga ini dalam menjaga stabilitas perbankan.

Sesi kuliah umum yang dipandu oleh Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi, Ph.D., berlangsung dengan interaktif. Para peserta antusias menyimak penjelasan Dr. Suwandi, khususnya saat membahas seluk-beluk mekanisme penjaminan simpanan dan bagaimana LPS membantu menyelesaikan masalah perbankan yang gagal.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya langsung kepada para narasumber.

Kuliah umum ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dan civitas akademika Unhas tentang pentingnya peran LPS dalam menjaga keamanan sistem keuangan di Indonesia.(*)

Kepala Humas Unhas

Ahmad Bahar

Comment