Sukses Digelar! Kemeriahan Pertamina SMEXPO Makassar 2024

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Makassar sukses menggelar event selama dua hari, 14 hingga 15 September, yang berhasil menarik perhatian warga Makassar.

Event ini menghadirkan berbagai produk kuliner, fashion, dan craft unggulan dari UMKM binaan Pertamina, menjadikannya salah satu event terbesar di Indonesia Timur pada tahun 2024.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah stakeholder penting, termasuk Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H., serta beberapa perwakilan dari Polda Sulsel, Kodam XIV/Hasanuddin, dan berbagai instansi lokal.

Dalam sambutannya, Prof. Zudan mengapresiasi Pertamina atas dukungannya terhadap UMKM lokal, yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah, Selasa (17/9/2024).

Manager CSR & SMEPP Management PT Pertamina Patra Niaga, Retno Wahyuningsih, juga menyampaikan terima kasih atas kesuksesan acara ini dan mengapresiasi kreativitas 40 UMKM yang terlibat. Ia menyoroti inovasi produk, seperti bumbu coto dan pallubasa, yang kini dapat dikemas sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menambahkan bahwa SMEXPO tahun ini bertema “Lokal Menjadi Vokal”, menggaet lebih dari 537 pengunjung dan menghasilkan transaksi sebesar Rp 60 juta selama dua hari. Event ini juga pertama kalinya diadakan di Makassar sebagai bagian dari agenda tahunan Pertamina.

Salah satu UMKM binaan, Fenisha05, merasa berterima kasih atas dukungan Pertamina dalam memasarkan produk dan memberdayakannya melalui pameran dan kegiatan lainnya.

Fahrougi berharap SMEXPO Pertamina terus berlanjut sebagai wujud perhatian Pertamina terhadap UMKM, yang merupakan penggerak perekonomian bangsa.

Comment