Disbud Makassar Kenalkan Seni Teater dan Budaya Lewat Program Belajar Bersama Maestro

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan Kota Makassar terus mendukung upaya untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada generasi muda melalui program Belajar Bersama Maestro.

Kegiatan ini merupakan sarana penting untuk mengenalkan seni teater dan budaya daerah kepada anak-anak.

Kegiatan Belajar Bersama Maestro berlangsung dari 12 Oktober hingga 5 November 2023. Pesertanya terdiri dari 50 pelajar SD-SMP se-Kota Makassar

Untuk tahun 2023, program Belajar Bersama Maestro ini dilaksanakan di 2 sanggar besar yang ada di kota Makassar yaitu Sanggar Yayasan Angin Mammiri dan Sanggar Seni Teater KITA.

Program Belajar Bersama Maestro merupakan langkah awal untuk memperkenalkan seni budaya melalui teater kepada generasi muda.

Pada hari kedua program ini, Disbud Makassar menghadirkan Maestro Teater Kota Makassar, Asia Ramli, yang dengan penuh semangat membagikan pengetahuannya kepada para peserta.

Mereka diajarkan berbagai aspek seni, termasuk teknik bermain teater, tata cara menghafal skrip, dan ekspresi untuk setiap peran.

Asia Ramli menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah membantu anak-anak menjadi penampil seni.

“Ini adalah motivasi sejak dini untuk menghargai substansi seni dan merefleksikan diri mereka melalui proses berkesenian,” ungkapnya.

Kegiatan Belajar Bersama Maestro tidak hanya menjadi wadah pendidikan seni, tetapi juga merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota Makassar terhadap dedikasi para Maestro.

Menurutnya, budaya adalah salah satu alasan kenapa Kota Makassar begitu terkenal hingga di kancah dunia internasional.

“Olehnya itu, anak-anak sejak dini harus dibekali pengetahuan untuk mengenal lebih dalam budaya Kota Makassar,” kata Maestro Ramli.

Kepala Bidang Kekayaan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Ludfi Alamri menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya daerah, serta memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada generasi muda agar mereka menjadi pelopor dalam upaya pemajuan kebudayaan.

“Harapan kami sebenarnya adalah bagaimana membentuk rasa cinta para siswa dan siswi terkait dengan seni tradisional yang ada di kota makassar baik itu seni tari maupun seni pertunjukkan yang bernuansa teater-teater yang mengangkat cerita-cerita rakyat di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar.” harapnya.

Dengan antusiasme para peserta dan dukungan dari para Maestro, program ini diharapkan dapat menjadi landasan penting dalam upaya memperkenalkan seni budaya lewat teater dan menjaga warisan budaya yang kaya di Kota Makassar.

Comment