Caleg Ayah-Anak Diprediksi Lolos di DPRD Sulsel dan DPRD Kota Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Calon Legislatif (caleg) pendatang baru dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Musakkar, membuat kejutan di Pemilu 2024. Berdasarkan hasil perhitungan sementara (real count) KPU RI, pada Minggu, 18 Februari 2024, H. Musakkar berhasil mengungguli suara Sekretaris DPW PKB Sulsel, Muhammad Haekal, dan politisi perempuan Misriani Ilyas di Dapil Makassar B. H. Musakkar mendapatkan 5.812 suara, jauh melebihi suara Muhammad Haekal yang hanya meraih 2.109 suara, dan Misriani Ilyas dengan 2.053 suara.

Dapil Makassar B yang selama ini belum pernah memiliki wakil dari PKB, bisa dipastikan akan didobrak oleh H. Musakkar pada Pemilu 2024 ini.

Kekuatan politik keluarga H. Musakkar juga terlihat dari putranya, Imam Musakkar, yang juga sukses meraih suara terbanyak untuk DPRD Kota Makassar di Dapil 4. Imam Musakkar, yang merupakan petahana dan pemilik kursi terakhir pada Pemilu sebelumnya, berhasil mengamankan satu kursi PKB di Dapil Panakukkang – Manggala dengan meraih 3.007 suara.

Menurut Nurmal Idrus, mantan Ketua KPU Kota Makassar, dengan posisi perolehan suara yang hampir mencapai 50 persen, prediksi mengenai hasil perolehan kursi DPRD Sulsel tidak akan meleset jauh. “Dari catatan saya, untuk DPRD Sulsel yang sudah mengamankan kursi adalah Nasdem, PPP, PKB, dan Golkar. Artinya 4 kursi hampir pasti dimiliki caleg dari ketiga partai ini. Dua kursi lagi masih diperebutkan oleh PDIP, PKS, dan Gerindra,” ujar Direktur Nurani Strategic.

Profil H. Musakkar

H. Musakkar, seorang pengusaha yang dikenal ramah, lahir di Soppeng dan menghabiskan masa mudanya di Karuwisi, Makassar. Ia akrab disapa H. Sakka. Sebagai pengusaha otomotif, ia menghadapi berbagai kesulitan hidup sebelum mencapai kesuksesan.

“Saya tidak lahir dari keluarga kaya raya. Bukan juga dari keturunan ningrat. Saya hanya anak kampung dari Soppeng yang datang merantau di Makassar. Semua kesulitan hidup sudah saya jalani. Dan saya sampai pada satu kesimpulan bahwa sebagai manusia kita harus terus berbuat baik,” urainya saat ditemui di Show Room Pattara Mega Oto, Sabtu (17/2/2024).

Sebagai pendatang baru di dunia politik, H. Musakkar mengaku tidak banyak memiliki bekal. “Saya belajar dari politisi lain yang sudah beberapa periode duduk di DPRD. Saya juga tidak punya konsultan khusus. Semuanya mengalir apa adanya. Hanya dibantu relawan yang memang militan di lapangan,” ujarnya.

H. Musakkar memang terlatih sebagai petarung yang tak pernah menyerah. Di dunia bisnis, ia mengaku sudah jatuh bangun berkali-kali. “Saya ini supir pete-pete yang kemudian belajar berbisnis. Jadi tidak mudah untuk bisa seperti sekarang ini. Alhamdulillah Allah sudah beri saya lebih dari cukup. Insya Allah jika diberi amanah menjadi wakil rakyat saya akan mengabdi sepenuh hati untuk masyarakat,” tegasnya.

Masyarakat pun menanti dengan antusias hasil akhir pemilu, dan banyak yang mendoakan agar H. Musakkar dan Imam Musakkar dapat mewakili aspirasi masyarakat dengan baik di DPRD Sulsel dan DPRD Kota Makassar.

Comment