PENUTUPAN WISUDA PERIODE II T.A. 2023/2024, REKTOR UNIBOS BERIKAN MOTIVASI BAGI WISUDAWAN

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Hari ketiga sekaligus penutup Wisuda Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana ke-66 Universitas Bosowa dan ke-9 Pokiteknik Bosowa Periode II Tahun Akademik 2023/2024 kembali disambut oleh Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si., dengan memberikan motivasi pada Wisudawan, Kamis (17/10/2024).

Wisuda hari ini diikuti sebanyak 305 wisudawan, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 161 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 46 wisudawan dan Fakultas Pertanian sebanyak 98 wisudawan yang sekaligus secara resmi melengkapi 1002 wisudawan yang dikukuhkan pada Wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024 ini.

Adapun kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat bersama jajaran pimpinan Yayasan Aksa Mahmud dan dosen-dosen dari berbagai fakultas yang turut menyaksikan hari terakhir prosesi wisuda.

 

Lebih lanjut, Prof. Batara Surya dalam sambutannya, memberikan motivasi agar wisudawan setelah hari ini tidak hanya menunggu kesempatan datang, tetapi mencari dan memanfaatkan kesempatan yang ada sebab hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang di emban saat ini berbeda dengan ketika masih menjadi mahasiswa.

“Sekarang saudara-saudari sekalian sudah menjadi bagian dari masyarakat. Dan hal yang terpenting adalah bahwa bagaimana anda dapat bertahan di tengah badai yang ada bukan hanya menunggu badai berlalu dan menyianyiakan kesempatan yang ada,” tuturnya.

Pidato Rektor Unibos tersebut direspon dengan sorakan meriah yang menggambarkan semangat wisudawan untuk memulai karir sebagai bagian dari masyarakat.

Kemudian, beliau juga menitipkan pesannya agar mahasiswa menanamkan dua karakter yaitu adaptif dan inovatif untuk meraih masa depan yang gemilang.

“Di revolusi industri saat ini, diperlukan dua aspek pada setiap mahasiswa kompetensi yaitu adaptif dan inovatif. Sebab, ketika saudara-saudari sekalian mampu beradaptasi dengan baik dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, maka anda tidak akan tertinggal oleh perubahan dan perkembangan zaman. Kedua inovasi, sebab perusahaan dan industri saat ini juga mencari orang-orang yang inovatif dan kompeten dalam bidang masing-masing untuk agar dapat terus mengembangkan,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat turut menyampaikan pesannya pada seluruh wisudawan untuk mulai menyusun rencana masa depan yang akan dihadapi agar memaksimalkan setiap peluang yang bisa dimanfaatkan.

“Masa sekarang ini penuh ketidakpastian, maka masa depan itu harus kita ciptakan seperti apa dengan merumuskan mindstone atau rencana meraih sukses versi adik-adik sendiri. Kesuksesan itu merupakan perjalanan, tidak ada jalan instan untuk meraih itu dan kesuksesan ini itu datang dari usaha dan ketekunan adik-adik sendiri,” tutupnya.

Comment