Honda Dream Cup Tour Hadirkan Pebalap Honda M. Badly Ayatullah di SMKN 1 Palopo

MEDIAWARTA,PALOPO -Rangkaian Honda Dream Cup (HDC) tahun ini yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) dan Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, diawali dengan HDC Tour di SMKN 1 Palopo, Jumat (19/7/2024).

Pebalap asal tim Honda 86 Ristan M. Badly Ayatullah berbagi pengalaman terkait membangun karier di dunia balap kepada ratusan siswa SMKN 1 Palopo. Kehadiran Badly diharapkan dapat menularkan pengalaman dan semangat Satu Hati Raih Impian kepada siswa SMKN 1 Palopo.

“Pesan untuk siswa dan siswi SMKN 1 Palopo itu harus rajin belajar untuk bakat yang disukai. Jika ingin memulai hobi balap, balapan dan latihannya itu di sirkuit, dengan menggunakan pengaman, bukan di jalan raya agar tidak membahayakan orang lain,” ucap Badly.

Selain menularkan pengalaman dan semangat, HDC Tour kali ini menjadi ruang edukasi mengenai keselamatan berkendara dan kampanye #Cari_Aman saat berkendara. Edukasi itu disampaikan oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan Wanny.

Menurut Wanny, tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa SMA dalam berkendara secara aman akan menguat dengan edukasi dan sosialisasi safety riding yang baik dan intens.

“Edukasi safety riding menjadi hal krusial untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan, terutama kepada para siswa SMA. Dengan ilmu yang didapat, mereka dapat berkendara dengan aman dan nyaman,” ucap Wanny.

Selain itu, Wanny juga memberikan tips berkendara Cari_Aman. Pertama, menggunakan perlengkapan safety riding, mulai dari helm SNI, celana panjang, sampai sepatu. Kedua, membawa surat-surat kendaraan lengkap.

Kemudian, Wanny juga menekankan bahwa pengendara harus memprioritaskan pejalan kaki, terutama saat akan melintasi zebra cross harus mengurangi kecepatan. Hal ini juga merupakan prinsip dari safety riding.

Adapun standar safety riding keempat yakni mematuhi dan menaati peraturan lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas bukan untuk terhindar dari hukuman dan sanksi, tetapi melindungi diri sendiri dan pengendara lain di jalan raya.

Terakhir, Wanny mengatakan bahwa standar safety riding terakhir adalah memastikan kendaraan maupun perlengkapan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Wanny menyatakan, jika standar safety riding diterapkan, pengendara akan aman dan nyaman selama berkendara.

“Jika melihat orang yang sedang kecelakaan di jalan untuk bisa mengamankan dirinya dulu sebelum menolong orang yang sedang kecelakaan tersebut,” ucap Wanny.

*Saksikan HDC di Sirkuit Ratona Motosport*

Dalam HDC Tour kali ini, Astra Motor Sulawesi Selatan juga mengajak para siswa SMKN 1 Palopo untuk menyaksikan Honda Dream Cup di Sirkuit Ratona Motosport Palopo pada 19-20 Juli 2024.

Astra Motor Sulawesi Selatan menggelar beragam aktivasi dalam HDC tahun ini, mulai dari Music Performance dari Widy, Malucca, serta Bakudapa, Dance Competition, sampai Solo/Group Karaoke Competition.

Ada 11 kelas utama yang diperlombakan dalam Honda Dream Cup di Palopo, HDC 1 Sonic 150R/GTR 150 Tune Up Terbuka, HDC 2 Sonic 150R/GTR 150 Standart U-16, HDC 3 Sonic 150R/GTR 150 Standart U-12 (Beginner), HDC 4 Sonic 150R/GTR 150 Standar Pemula Terbuka, HDC 5 CRF 155L Standar Pemula, HDC 6 CRF 150L Tune Up Terbuka, HDC 7 Honda Matic s/d 130cc Pemula, HDC 8 Honda Matic s/d 130cc Open, HDC 9 Honda Matic Tune Up 130cc Terbuka, HDC 10 Sonic 150R/GTR150 Tune Up Pemula, dan HDC 11 125cc Tune Up Terbuka.

Selain itu, ada lima kelas tambahan yakni Bebek 4 Tak Tune Up 131cc (Ex MP.4) Pemula, Bebek 4 Tak Tune Up 131cc Open, Matic Standar 131cc Khusus Honda Lokal Luwu Raya + Enrekang, Matic Standar s.d 131cc U-23 Lokal Luwu Raya + Toraja + Enrekang, dan Matic Standar Showroom s.d 110cc Honda Lokal Luwu Raya.

Balap sepeda motor yang bertajuk Satu Hati Raih Mimpi Saatnya Jadi Juara di Ajang Balap Motor Honda Terbesar di Indonesia tersebut dapat mewadahi talenta pebalap muda sekaligus ruang aktualisasi pegiat balap di Indonesia, khususnya Sulawesi.

Comment