Rektor Unhas: MRPTNI Harus Tingkatkan Kontribusi Dalam Pembangunan Bangsa

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, menghadiri kegiatan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang. Acara ini dihadiri sejumlah tokoh penting dari berbagai sektor, termasuk Menteri Pertanian R.I., Dr. Amran Sulaiman, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, serta Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo, Ph.D, serta pimpinan 75 perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Kegiatan berlangsung dari Jumat-Minggu (17-19/5/2024).

Kegiatan ini mengadakan Forum Grup Diskusi (FGD) khusus bersama Menteri Pertanian R.I., Dr. Amran Sulaiman, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, serta Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo, Ph.D, yang membahas berbagai isu strategis terkait pertanian hingga standar kurikulum pendidikan di Indonesia. Diskusi konstruktif ini bertujuan mencari solusi terbaik bagi tantangan yang dihadapi Indonesia, sekaligus memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan pemerintah.

Selain FGD, MRPTNI juga menyelenggarakan Festival Kebudayaan sebagai bagian dari upaya penguatan nilai-nilai kebangsaan berbasis kebudayaan. Festival ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan jati diri bangsa melalui berbagai pertunjukan seni dan budaya. Pelaksanaan festival ini merupakan hasil kerjasama antara MRPTNI dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI).

Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif penyelenggaraan acara ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk mempererat hubungan antar perguruan tinggi negeri dan meningkatkan kontribusi dalam pembangunan bangsa. Dirinya juga menekankan pentingnya kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan praktisi untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan.

“Ini menjadi momentum penting untuk memperkuat kolaborasi dan inovasi dalam berbagai sektor. Kegiatan ini juga menggelar diskusi dan saling bertukar gagasan untuk Indonesia masa mendatang. Tentunya diharapkan hasil dari kegiatan ini nantinya akan memberikan dampak positif dan dapat terealisasi dengan baik,” jelas Prof JJ.

Sebelumnya, Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat tahun ini menjadi tuan rumah pertemuan rektor perguruan tinggi negeri se-Indonesia, yang tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Sebanyak 76 perguruan tinggi di Indonesia berkumpul. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang membahas berbagai isu strategis.

Comment