Unhas Tuan Rumah Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) IX 2024, Target 2 Medali Emas

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke IX 2024 bekerja sama dengan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) kegiatan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Unhas and Convention, Kampus Unhas Tamalanrea, pada Kamis (18/7).

Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) sebagai wadah forum pendidikan tinggi vokasi, memiliki agenda rutin tahunan berupa kompetisi ilmiah mahasiswa antar perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun semangat kompetitif antara mahasiswa vokasi se-Indonesia, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kompetisi, seperti sportivitas, profesionalitas, dan transparansi.

Turut hadir, Dirjen Pendidikan Vokasi Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. Ketua Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K) ., Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., Ketua Panitia Olivia IX Dr. Ir. Agustina Abdullah, S.Pt., M.Si, IPM., ASEAN Eng. Serta jajaran pimpinan dari universitas.

Ketua Panitia OLIVIA IX 2024, Dr. Ir. Agustina Abdullah, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng., dalam laporannya menyebutkan bahwa acara ini diikuti oleh 1.880 peserta dari 648 tim yang berasal dari 61 perguruan tinggi di 16 provinsi. Dari babak penyisihan, 144 tim dari 32 perguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia berhasil lolos ke babak final. Finalis bersama pendamping lomba yang hadir berjumlah sekitar 550 orang.

Universitas Brawijaya mengirimkan peserta terbanyak, yaitu 72 orang, diikuti oleh UNS, IPB, ITS, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Surabaya, dan Politeknik Batam.

OLIVIA IX 2024 memperkenalkan jenis lomba baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terdiri dari 6 kategori dengan 23 mata lomba, yaitu Manufacturing and Engineering Technology, Information and Communication Technology, Scientific Papers, Applied Skills, Social and Personal Services, dan Innovation Technology. Lomba ini diselaraskan dengan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas).

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Fakultas Vokasi Unhas sebagai tuan rumah, terutama mengingat usia fakultas yang baru dua tahun. Beliau berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah pengembangan diri tetapi juga mempererat silaturahmi antar mahasiswa vokasi se-Indonesia, sehingga terbentuk jejaring atau koneksi yang positif dan jangka panjang.

Dengan tema “Inspiring the Future through Empowering Innovative Human Resources and Digital-Based Entrepreneurship,” OLIVIA IX 2024 mengangkat isu inovasi teknologi dan kewirausahaan. Tema ini bertujuan mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif, serta membangun sumber daya manusia yang inovatif dan berjiwa kewirausahaan. Inovasi teknologi dianggap penting di era digitalisasi saat ini, sementara kewirausahaan krusial di tengah persaingan pencarian tenaga kerja.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), mewakili Rektor Unhas, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan OLIVIA IX 2024 di Universitas Hasanuddin. Beliau menegaskan bahwa semangat kompetisi ini diharapkan mampu mendorong mahasiswa vokasi untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi masa depan yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Prof. Ruslin juga menyampaikan harapan agar OLIVIA IX 2024 dapat menjadi tempat bertukar ide dan pengalaman yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan universitas dan fakultas, Prof. Ruslin optimis bahwa OLIVIA IX 2024 akan berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

Acara OLIVIA IX 2024 juga dirangkaikan dengan seminar nasional yang menghadirkan narasumber ahli, yaitu Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc., Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, dan Dr. Rizal Edwin, Ak., M.Sc., Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, yang akan membahas tema “Isu-isu Strategis di Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia.” Selain itu, Prof. Dr. Abdul Razak Munir, S.E., M.Si., M.Mktg., C.MP., CMA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin akan mengangkat tema “Adopsi Kekuatan Komputasi di Berbagai Aspek Proses Bisnis Melalui Digitalisasi.” Wolga Setyanto, Head of Digital Marketing Kalbe Nutritionals, juga akan berbicara mengenai “Embracing Entrepreneurial Mindset, while using Tech to create Positive Change for Indonesia”.

Comment