Google Bakal Jadi Operator Lokal? Indosat Tak Khawatir!

TAK KHAWATIR - Indosat Ooredoo melansir tidak khawatir apabila Google bakal menjadi operator telekomunikasi di Indonesia.

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Iklim kompetisi yang kian ketat antaroperator seluler mengharuskan perusahaan untuk selalu berinovasi. Pasalnya, inovasi akan melahirkan produk yang lebih unggul dan siap berkompetisi di era digital ini.

Apa jadinya bila Google menjadi operator lokal seperti isu yang santer berkembang selama ini? Dalam keterangan tertulisnya kepada sejumlah media di Tanah Air belum lama ini, President Director and CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, mengungkapkan, pihaknya tidak khawatir akan hal itu.

“Apabila proyek uji coba balon internet Google berjalan sukses, Indosat Ooredoo tidak khawatir kalau nantinya Google bakal menjadi operator telekomunikasi di Indonesia,” ujarnya.

Alexander beralasan, Google sepertinya juga tidak akan tertarik untuk menjadi operator telekomunikasi di Indonesia. “Kami tidak pernah takut kalau nantinya Google jadi operator lokal. Soalnya, mereka tidak memiliki frekuensi, harus tetap kerja sama dengan operator yang sudah ada,” jelasnya.

Kalau jadi operator lokal, sebut Alexander, Google harus jualan dan distribusi di Indonesia. “Apakah mereka mau? Pada akhirnya, mereka harus bekerja sama dengan operator. Jadi, hal itu bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan,” imbuhnya.

Sebaliknya, Alex melihat kerja sama dengan Google yang akan dimulai tahun ini merupakan suatu kesempatan untuk melihat kemungkinan adanya teknologi baru yang menguntungkan.

“Intinya, tahun ini proyek Google Loon masih akan diuji secara teknis, belum bicara komersial. Karena sampai sekarang, banyak hal-hal yang belum jelas. Misalnya, kalau down hubungan kontrak kami dengan Google akan seperti apa? Lalu, apakah Google memiliki infrastuktur untuk hal itu. Karena letak balonnya itu jauh, puluhan kilometer di atas bumi,” tutup Alexander.

Comment