PERTANIAN - Sulsel mendominasi 50 persen perekonomian di Sulawesi dengan kontribusi terbesar dari sektor pertanian mencapai 22,99 persen.

Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Peringkat Lima Nasional

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, menunjukkan pertumbuhan ekonomi Sulsel pada 2015 berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai Rp 341,74 triliun atau tumbuh 7,15 persen.

Pertumbuhan tersebut sedikit melambat dibanding 2014 yang mencapai 7,54 persen. Kendati demikian, Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam, menuturkan, Sulsel masih berada diperingkat lima pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sulsel urutan kelima pertumbuhan ekonomi nasional setelah NTB, Sulteng, Papua, dan Sulbar. Pertumbuhan tahun ini naik Rp 42 triliun dari tahun lalu, yakni Rp 299,628 triliun,” ujarnya saat merilis Berita Resmi Statistik (BRS) di Kantor BPS, Jalan Haji Bau, Makassar, Selasa (1/3).

Selain itu, Sulsel juga mendominasi 50 persen perekonomian di seluruh Sulawesi dengan kontribusi terbesar dari sektor pertanian mencapai 22,99 persen.

“Makanya, kalau ada masalah di sektor pertanian dampaknya pasti sangat terasa. Misalnya, fenomena El Nino beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Nursam juga menyebut, saat ini nilai ekspor turun. Namun, volume ekspor meningkat disebabkan kondisi ekonomi negara pembeli atau pengimpor sedang lemah. “Sulsel beruntung karena di tengah kondisi ekonomi global yang belum stabil, masih bisa tumbuh di atas tujuh persen,” tutupnya.

Komentar

Check Also

OYO Perkuat Operasional di Skala Lokal

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Bulan Oktober tahun 2020 menjadi waktu yang istimewa bagi OYO Indonesia. Pasalnya, …

Share This
Mediawarta