ZenEar, Earphone Terjangkau dengan Suara Memukau

MEDIAWARTA.COM – Kebutuhan akan perangkat audio berkualitas sudah semakin meningkat. Jika sebelumnya perangkat audio lebih digunakan untuk menikmati musik, baik secara portable ataupun di rumah, kini kebutuhannya semakin meluas.

Melihat hal tersebut, ASUS akhirnya mengeluarkan ZenEar. Aksesoris earphone yang bisa menjadi patner setia menemani smartphone atau tablet, untuk mengarungi lautan konten yang luas di jagat maya.

Menurut Country Product Group Leader ASUS Indonesia, Juliana Cen, melalui rilis yang diterima mediawarta.com, sebelum menghadirkan ZenEar, ASUS telah menyediakan ekosistem mumpuni, dengan menyusun sistem audio, baik hardware maupun software.  Teknologi tersebut dalam wujud audio bersertifikasi SonicMaster dan lewat aplikasi ASUS Audio Wizard.

Dipasarkan dengan harga yang terjangkau, ASUS ZenEar berbeda dengan earphone pada umumnya. Untuk menghasilkan suara yang memukau, ia dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi suara (noise) yang justru terjadi di dalam earphone. Teknologi tersebut disebut dengan Damping Sytem.

Seperti diketahui, ketika earphone bekerja (digunakan) maka gelombang suara dialirkan melalui kabel menuju chamber (ruang) kepala perangkat, hingga akhirnya dapat terdengar ke telinga. Earphone yang baik mampu mereproduksi serta mengeluarkan suara tersebut dengan bersih, jelas, dan tidak banyak noise atau kebisingan.

Teknologi Damping System akan berperan untuk melakukan peredaman suara yang berkeliaran di dalam ruang spiral (chamber diaphragm) di dalam headset. Untuk dapat melakukannya, digunakan bahan peredam khusus yang efektif menyerap suara yang terpantul, guna mengurangi distorsi dan memberikan pengalaman serta detail audio yang fokus dan jernih.

Terinspirasi dari bentuk koklea (rumah siput telinga manusia), desain tabung transmisi (transmission tube) di kepala bagian belakang ZenEar dirancang agar menyerupai bentuk organ bagian dalam telinga tersebut.

Desain ini bertujuan agar suara yang masuk dapat diserap dengan baik untuk kemudian dihantarkan dengan mulus menuju telinga pengguna. Bentuk tersebut (koklea) juga mempunyai fungsi untuk memberikan kualitas audio bass yang berkualitas.

Dari sisi built quality, ASUS ZenEar dibuat dengan bahan sejenis plastik bernama ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Material ini dikenal sebagai polimer organik pembentuk plastik yang cukup mempunyai kekuatan yang tinggi.

ABS banyak digunakan dalam bidang teknik, seperti misalnya untuk kebutuhan elektronik, otomotif, dan lainnya. Hal ini dikarenakan ABS mempunyai kekuatan kejut dan kekenyalan yang tinggi dibanding polistiren, sehingga sesuai untuk komponen-komponen yang bergerak. Adapun kabelnya sendiri terbuat dari bahan karet dengan panjang 1,2 meter.

ZenEar juga mendukung fitur microfon. Artinya, Anda bisa menggunakan earphone ini untuk menjawab panggilan telefon. Keberadaan mic tersebut juga relatif sejajar dengan mulut pengguna. Dengan demikian, apabila ada panggilan masuk ke smartphone, pengguna dapat langsung menjawabnya dengan cepat dan nyaman.

Pada bagian microfon tersebut juga sekaligus terdapat tombol untuk mengatur panggilan. Ketika ada panggilan masuk, Anda dapat mengangkatnya dengan menekan tombol tersebut satu kali. Sedangkan bila ingin memutuskan telefon, dapat dilakukan dengan cara menekan tombol tersebut dalam durasi waktu yang lebih lama.

Tombol pada ZenEar juga dapat dipergunakan untuk mengganti lagu ketika sedang memutar musik. Di Indonesia, ASUS ZenEar dipasarkan di harga Rp139.000

Comment