Astra Group – Bekangdam Serahkan 20 Unit Jamban

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam rangka mendukung upaya percepatan kesejahteraan rakyat, Astra Group Makassar bekerjasama dengan Pembekalan Angkutan Komando Daerah (Bekangdam VII/WB) turut membangun 20 unit jamban untuk masyarakat miskin. Lokasinya di Kelurahan Parang dan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang. 

Menurut Koordinator Astra Group Makassar, Suhardi, kegiatan ini juga mendukung program “Pembangunan 1 juta Jamban Keluarga” serentak TNI AD bersama beberapa SKPD. Realisasi pembangunan ini sudah dimulai sejak awal April, dan direncanakan akan selesai bertahap hingga Juni 2016. 

Jamban yang akan digunakan adalah berjenis Benerik Baltrine, yaitu jamban yang bisa dipakai, baik saat ada air maupun tidak. Modelnya sederhana, dengan kloset yang bisa dipisahkan dari plat dudukan jamban. Itu bisa dilepas, bila tidak ada air. 

Model ini menggunakan septi tank, dengan lubang di tanah diameter 90 cm, kedalaman 150-200cm. Bila dinding tanah tidak stabil, maka diperlukan drum atau gorong-gorong. Kegiatan nasional akan ditutup pada Desember 2016, dengan peresmian 1 juta jamban oleh Kepala Staf Angkatan Darat. 

Khusus Astragraphia, ungkap Hardi, acara ini sekaligus menutup serangkaian kegiatan yang telah dilakukan Astragraphia, dalam rangka menyambut ulang tahun ke-40.

Comment