Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Raih Akreditasi B

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, berhasil memperoleh akreditasi B. Berdasarkan SK 0126/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2016, status akreditasi B oleh Fakultas Psikologi akan disandang hingga 24 Maret 2021 mendatang.

Dekan Fakultas Psikologi, Minarni, mengungkapkan, raihan akreditasi ini merupakan satu prestasi yang membanggakan bagi sivitas akademika Unibos. Pasalnya, Unibos menjadi satu-satunya universitas yang memiliki Fakultas Psikologi dengan akreditasi B di Indonesia timur, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Sejak didirikan pada 2006 lalu, Psikologi telah mengalami berbagai pengembangan. Setahun sebelumnya, Psikologi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Dengan status akreditasi C yang dimiliki sebelumnya, Fakultas Psikologi terus melakukan pengembangan.

Sejak berakhir di 2014, Fakultas Psikologi kemudian melakukan langkah-langkah sistematis untuk meningkatkan status akreditasi. Proses visitasi telah dilakukan sejak 30 Oktober-1 November 2015. Visitasi ini dilakukan langsung Prof Kwartarini dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Dr Nani Prihartanti dari Universitas Muhammadiah Solo.

“Fakultas Psikologi Unibos secara garis besar unggul dalam bidang Psikologi Industri dan Organisasi, dan sosial,” jelas Minarni belum lama ini di Unibos, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

Menurutnya, aktivitas akademik yang menunjang juga ditopang berbagai fasilitas penunjang dan pendukung kegiatan akademik kemahasiswaan lainnya. Seperti, Biro Konsultasi Psikologi, Perpustakaan Fakultas, Laboratorium Wawancara, Laboratorium Psikodiagnostik, Laboratorium Faal, Laboratorium Eksperimen, dan Laboratorium Integratif.

“Adapun Laboratorium Integratif ini merupakan laboratorium yang memfasilitasi seluruh laboratorium. Kehadiran laboratorium inilah yang mendukung proses belajar mengajar semakin efektif,” ungkap Minarni.

“Perolehan akreditasi B menjadi momen yang sangat penting bagi sivitas Fakultas Psikologi. Zaman menuntut luaran perguruan tinggi tidak hanya berdasarkan kuantitas, namun yang terpenting adalah kualitas,” tegasnya.

Menurut Minarni, sarjana psikologi semakin dibutuhkan di berbagai instansi. Sehingga, perolehan akreditasi ini menjadi salah satu indikator bagaimana kualitas luaran Fakultas Psikologi Unibos.

Selain melakukan berbagai pembenahan, Fakultas Psikologi juga menggandeng berbagai pihak untuk bekerja sama. Seperti, Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI), dan berbagai unit bisnis yang berada di bawah naungan Bosowa Corporation.

Nurizatti/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta