Kualitas Penelitian Universitas Bosowa Terus Meningkat

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa (Unibos) menandatangani kontrak penelitian terhadap para penelitinya. Para peneliti tersebut adalah mereka yang proposal penelitian dan pengabdian masyarakatnya berhasil dibiayai Dikti. Kegiatan digelar di Ruang LPPM, Lt 5 Gedung 2 Unibos, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (6/4).

Di 2016, jumlah proposal yang berhasil dikirim LPPM Unibos meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya, yaitu 138 proposal yang berhasil dikirim dan 96 di antaranya berhasil didanai.

Ketua LPPM Unibos, Hasanuddin Remmang, mengungkapkan, tahun ini Unibos telah menempati rangking pertama untuk jumlah peneliti terbanyak secara nasional yang telah dibiayai proposal pengabdian masyarakatnya oleh Dikti.

Hal ini diakui Ketua LPPM sebagai sebuah hasil dari motivasi dan semangat seluruh dosen. Selain itu, menurutnya hal ini tidak terlepas dari dorongan dan pembinaan pihak rektorat dan Yayasan Aksa Mahmud yang saling bersinergi.

Tahun ini, mayoritas penelitian dan pengabdian masyarakat yang dibiayai berasal dari bidang pertanian, ekonomi, dan teknik. Ketua LPPM menegaskan, pencapaian lembaga yang dipimpinnya selama 2016, juga tidak lepas dari langkah taktis yang dilakukan dengan menggelar workshop atau pelatihan secara periodik, serta menghelat seminar nasional dengan mendatangkan pakar dalam bidang penelitian.

Hal ini dilakukan agar penelitian yang dihasilkan berdasarkan pemetaan dan potensi wilayah. Sehingga, memunculkan penelitian unggulan khususnya bidang perikanan dan kelautan berbasis kewirausahaan yang disinergikan dengan visi misi Unibos, ungkap Hasanuddin.

Ditambahkan, target ke depannya di 2017, LPPM menargetkan jumlah proposal penelitian dan pengabdian yang diusulkan bisa meningkat menjadi 30 persen. “Ini tentunya bisa dicapai dengan melakukan workshop dan pembedahaan proposal agar sesuai penuntun edisi X penelitian dan pengabdian masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Abd Haris Hamid, mengungkapkan, setelah pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa (UKM Litimasi), mahasiswa Unibos telah memiliki wadah untuk belajar lebih banyak terkait dunia penelitian. Menurutnya, iklim meneliti di lingkup Unibos terus meningkat. Tidak hanya di kalangan dosen, namun juga mahasiswa.

“Oleh karena itu, kami sangat berharap bantuan dari seluruh dosen untuk bersedia menjadi pembimbing dalam setiap proposal penelitian yang dihasilkan mahasiswanya,” tutupnya.

Nurizatti/Foto: Istimewa

 

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta