Public Relation Manager MatahariMall.com, Kezia Mareshah (baju biru).

MatahariMall Edukasi UMKM Makassar Lewat Jual Online Aja

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Data dari Tim Gugus Ketahanan Ekonomi Kementerian BUMN menyatakan, saat ini terdapat 70 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia yang berkontribusi sebanyak 60 persen terhadap GDP negara. Selain itu, UMKM juga berkontribusi terhadap penyerapan 90 persen tenaga kerja.

Data di atas menunjukkan keberlangsungan UMKM sangat penting karena keberadaannya membuka lapangan kerja baru, bahkan memperkecil jumlah pengangguran.

Berangkat dari data ini, Matahari Mall.com menggelar rangkaian roadshow pelatihan UMKM bertajuk #JualOnlineAja (JOA), yang kali ini dihelat di Makassar, 28-29 April 2016. Program JOA di Makassar juga menggandeng komunitas seperti Tangan di Atas (TDA) Makassar dan Makassarpreneur.

Pada pelatihan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Aryaduta Makassar, sebanyak 100 peserta yang merupakan pelaku UMKM diberi modul-modul yang disebut Chief Executive Officer (CEO), pelatihan tentang manajemen perusahaan, Chief Marketing Officer (CMO), pelatihan tentang pemasaran perusahaan, dan Chief Operation Officer (COO), pelatihan tentang order management dan workshop foto produk dalam konteks bisnis online.

“Terdapat lebih 11 ribu pelaku UMKM di Makassar dengan produk-produk yang unik dan beragam. Kemampuan mereka dalam mengembangkan usahanya, tentu akan memberikan kontribusi terhadap struktur ekonomi di Makassar,” terang Public Relation Manager MatahariMall.com, Kezia Mareshah.

Menurutnya, pihaknya siap menyediakan bebagai dukungan terhadap kebutuhan UMKM di Makassar, yang mencakup program pelatihan, platform usaha dengan jangakauan nasional dan media promosi.

Kezia menambahkan, MatahariMall berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM memperluas jangkauan produknya, tidak hanya di Makassar namun ke seluruh pelosok Indonesia melalui program free delivery. Hal ini merupakan manfaat tambahan bagi pelanggan karena bebas biaya ongkos kirim dan memperbesar kesempatan seller untuk menjual produknya.

Sementara itu, SME Development Community Manager MatahariMall.com, Ruby Adityawarman, mengungkapkan, pihaknya percaya produk yang dihasilkan UMKM di Makassar memiliki kualitas yang baik.

“Karena itu, melalui program JOA, kami harap dengan pemahaman dan pelatihan yang tepat, jangkauan bisnis para UMKM ini dapat melonjak pesat,” ujarnya.

Komentar

Check Also

Rolling Hills Hadir di Tanjung Bunga

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Hunian Premium Premium di Tanjung Bunga yang akan dibangun disamping Trans Studio …

Share This
Mediawarta