Triathlon Ironman di Batam Targetkan 2.000 Wisman

TRIATHLON IRONMAN - Setelah sukses penyelenggaraan tahun lalu, ajang Triathlon Ironman tahun ini kembali akan digelar di Batam.

MEDIAWARTA.COM, BATAM – Setelah sukses penyelenggaraan tahun lalu, ajang olahraga manusia super Ironman, tahun ini kembali akan digelar di Pulau Bintan, Kepri, 28 Agustus mendatang. Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang Triathlon Ironman semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

“Banyak event olahraga internasional yang digelar di Bintan tahun ini, diharapkan mendongkrak pariwisata great Batam. Ajang triathlon akan diikuti sekitar seribu peserta dari mancanegara. Realitas ini akan membawa dampak langsung pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), khususnya melalui great Batam,” terang Pelaksana Harian (Plh) Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (P3M) Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya, saat launching Triathlon Ironman di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Menurut Nia, penyelenggaraan triathlon Ironman memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Ada sekitar seribu peserta plus oficial mereka akan masuk dan membelanjakan dolarnya di Bintan.

“Selain itu, kegiatan seperti ini memiliki media value yang tinggi. Pasalnya, banyak atlet dunia yang datang ke Bintan mengikuti ajang ini. Tentunya, akan menjadi pemberitaan media internasional,” ungkapnya.

Dijelaskan, Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam, seperti pantai berpasir putih, taman laut dan hutan tropis, serta dilengkapi fasilitas infrastruktur kelas dunia. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan Singapura, hanya 45 menit menggunakan kapal ferry, menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan dalam mencetak wisman.

“Pertumbuhan wisman melalui great Batam (Bintan), trennya terus meningkat. Pada Februari 2016, naik 10,5 persen. Ini menyamai pertumbuhan great Bali,” imbuh Nia.

Adapun jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari 2016 tercatat 888,3 ribu orang atau naik sekitar 5,26 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Sebagian besar wisman masuk melalui great Bali sebanyak 367 ribu wisman, atau tumbuh 10,19 persen. Sementara, wisman yang masuk melalui great Batam sebanyak 120.351 wisman atau tumbuh 10,53 persen.

Sementara itu, CEO Metasport Nathalie Marquet, mengatakan, kompetisi Triathlon Ironman tahun ini dipusatkan di Teluk Lagoi, kawasan Bintan Resorts. Para atlet Ironman akan memulai dengan berenang sejauh 1,9 kilometer di air tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah.

“Kemudian, dilanjutkan bersepeda di jalanan Bintan sejauh 90 kilometer, serta diakhiri lomba lari dalam tiga lapsejauh 21 kilometer,” tutupnya.

Comment