Akses Keuangan Bank Pakai Password Suara

MEDIAWARTA.COM, SINGAPURA – Satu lagi gebrakan kemudahan transaksi keungan lewat bank hadir di tengah masyarakat.

Setelah zaman sebelumnya kemudahan akses data keungan melalui layanan e-banking berupa internet banking, mobile banking, dan SMS banking, kini berkembang menjadi voice banking.

Memungkinkan  masyarakat menggunakan suara sebagai semacam password untuk mengakses akun keuangannya. Hasil rekaman suara nasabah saat pembukaan rekening akan tersimpan dan dijadikan sebagai bahan untuk mencocokkan suara saat pemilik akun menelepon.

Kecanggihan teknologi ini segera hadir pada kuartal keempat  2016 ini, diprakarsai dua perusahaan bank raksasa, Bank OCBC dan Bank DBS.

Beberapa layanan yang bisa diakses dari sistem terbaru ini meliputi cek jumlah tabungan, limit kartu kredit, dan pengecekan transaksi yang sudag dilakukan sebelumya.

Menurut informasi resmi manajemen Bank DBS yang dikutip dari Today, Jumat (20/5/2016), proses pencocokan akun ini memakan waktu lebih singkat sekitar 15 detik dibandingkan proses manual dan proses lainnya sekitar 40-60 detik.

Sementara itu, manajemen Bank OCBC sudah melakukan uji coba layanan tersebut sejak September 2015 lalu, layanan ini sudah cukup memuaskan karena untuk pemindaian melalui suara harus diulang tiga kali khusus untuk kata kunci dengan 10 suku kata.

“Secara spesifik, sistem teknologi terbaru ini bisa mendeteksi intonasi suara, ritme, dan cara pengucapan kata demi kata. Makanya, kami pastikan layanan ini aman,” kata Vice President of Group Corporate Communications at OCBC Bank, Dominic Ying.

Haykel Iswandi/Foto: Dok Today

 

Komentar

Check Also

Nikmati Promo Buy 1 Get 1 Free ala Gastros MaRI dan Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Memanjakan lidah setiap pengunjung setianya melalui berbagai pilihan sajian menu makanan yang …

Share This
Mediawarta