Begini Tradisi TNI AL Melepas Masa Lajang Personilnya

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI  Yusup SE, MM, didampingi Ketua Korcab VI Ny.  Endang Yusup, bertindak sebagai Inspektur upacara Pedang Pura, dipernikahan Mayor Laut (K) Akhmad Syaeful A. Md dengan Hastuti, bertempat di Gedung Balai Prajurit TNI M. Yusuf, Kamis (19/05/2016).

Upacara Pedang Pura  adalah tradisi pernikahan bagi perwira TNI Angkatan Laut (AL), yang dilaksanakan dalam rangka melepas masa lajang. Seremoni ini diiringi rangkaian pedang berbentuk gapura, yang dibentuk oleh hunusan pedang dari rekan-rekan perwira atau adik angkatan, dari sang mempelai pria.

Mayor Laut (K) Akhmad Syaeful A.Md merupakan lulusan Semapa PK angkatan X tahun 2003, yang mempersunting Hastuti in, melewati lorong pedang berbentuk gapura untuk mengucapkan “Ikrar Wira Satya” sebagai tanda diresmikannya mempelai wanita menjadi keluarga besar TNI AL, dan anggota Jalasenastri.

Makna dibalik simbol dan ritual pedang pura yaitu melambangkan solidaritas, persaudaraan, dan  permohonan perlindungan pada Tuhan Yang Maha Esa. Jajaran pedang dalam pedang pura yang membentuk gapura ketika di lewati kedua mempelai, menggambarkan saat di masukinya pintu gerbang kehidupan rumah tangga yang baru .

Turut hadir di resepsi pernikahan,  Para Asisten dan para Kadis Lantamal VI, serta sejumlah undangan.

Comment