Danny: Anak Harus Punya Karakter yang Berkualitas

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menekankan  tiga hal, saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Lapangan Karebosi, Senin, (2/5/2016).

Melalui pidato seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan, Danny menekankan, tiga komponen yang dimaksud, yaitu , kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. Hal tersebut penting bagi anak, untuk bisa menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitif.

Berbicara karakter berarti membincangkan tentang moral yang mencakup nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, dan sopan santun.

Selain itu, kinerja juga menjadi bagian penting dari karakter yang harus dimiliki anak – anak Indonesia. Karakter kinerja membuat anak – anak Indonesia mampu bekerja keras, ulet, tangguh, gigih, memiliki rasa ingin tahu, inisiatif, mampu beradaptasi, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

“Kita menginginkan anak – anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak – anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas atau rajin tapi culas,” jelas Danny.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional menjadi momentum yang tepat untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan membangun keterlibatan guru, orang tua murid, dan pemerintah.

Apalagi di Makassar telah ada revolusi pendidikan, yang dicanangkan tepat di hari pelantikan 435 kepala sekolah se – kota Makassar. Revolusi pendidikan menjadi jalan bagi pemerintah kota untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Makassar.

Komentar

Check Also

Gubernur Nurdin Abdullah : Jadikan Pilkada 2020 Ajang Adu Program

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) …

Share This
Mediawarta