Danny Dukung Deteksi Dini Kanker Payudara

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan dukungannya terhadap deteksi dini kanker payudara. Hal itu diungkapkan saat membuka seminar sehari Deteksi Dini Kanker Payudara di Amirullah, Sabtu, (13/05).

Menurut wali kota berlatar arsitek itu, sejak dua tahun lalu warga Makassar telah menikmati layanan pemeriksaan jantung (EKG) gratis, lewat program Dottorotta, yang juga dikenal dengan istilah home care atau telemedicine. Suatu layanan kesehatan mobile yang menjangkau warga hingga ke lorong – lorong. Jumlahnya mencapai 48 unit yang tersebar di 46 Puskesmas se – kota Makasaar.

“Program home care telah diadaptasi oleh pemerintah pusat. Kami ingin meningkatkan pelayanannya. Jika mammografi dapat dibuat mobile dan online Dottorota bisa dilengkapi dengan itu,” ungkap Danny.

Diketahui, mammografi merupakan scanning yang menggunakan sinar X,  berfungsi untuk mendeteksi kelainan dalam betuk terkecil, yang sering disebut mikroklasifikasi. Tingkat akurasinya mencapai 90% dalam mendeteksi kanker payudara.

Alat itu lah nantinya yang akan melengkapi layanan Dottorota, jika dapat dioperasikan secara mobile dan online. Sementara itu, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar menuturkan, di antara semua jenis kanker yang ada, penderita kanker payudara memiliki tingkat harapan hidup paling tinggi. “Kanker payudara itu bisa disembuhkan,” optimis Linda.

Senada dengan Linda, Direktur Rumah Sakit Kanker Dharmais, Prof dr Abdul Kadir menyampaikan, kanker payudara dapat disembuhkan jika penanganannya tepat, “Kalau sudah ada tanda – tanda, segera periksakan ke dokter, agar bisa dicegah meningkat ke stadium lanjut,” jelas Kadir.

Informasi deteksi dini kanker payudara perlu disosialisasikan ke masyarakat, agar mendapatkan pengetahuan dan mampu mencegahnya.

Seperti yang dituturkan Ketua TP PKK kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, sosialisasi itu perlu agar masyarakat kita paham, dan mampu mendeteksi gejala awal dari kanker payudara. Hal ini penting untuk pencegahan dengan menghindari faktor pemicunya.

Seminar Sehari Deteksi Dini Kanker Payudara adalah kali kedua digelar oleh TP PKK kota Makassar, Pemerintah kota Makassar, bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia.

Comment