Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Ditunjang Sektor Pertanian 19,72 Persen

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan pertama 2016, mengalami pertumbuhan sebesar 7,41 persen dibandingkan triwulan sama pada 2015 lalu, yang hanya sebesar 5,72 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Nursam Salam, mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi ini didukung semua lapangan usaha. Namun, yang tertinggi dicapai sektor lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 12,86 persen.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan ini disebabkan faktor musiman pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan yang tumbuh 19,72 persen,” ujarnya di Kantor BPS Sulsel, Jalan Haji Bau, Makassar, Rabu (4/5/2016).

Pertumbuhan ini juga terjadi lantaran ditunjang lapangan usaha jasa keuangan sebesar 4,55 persen, dan pengadaan air sebesar 4,19 persen.

“Kendati demikian, pertumbuhan ini hanya mampu memacu pertumbuhan ekonomi Sulsel sebesar 0,76 persen. Hal ini disebabkan beberapa lapangan usaha yang memiliki kontribusi besar, seperti industri pengolahan, kontruksi, pertambangan, dan penggalian,mengalami penurunan pertumbuhan,” imbuh Nursam.

Komentar

Check Also

Bank Mandiri Dorong Pembayaran TV Kabel Pakai QRIS.

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bank Mandiri terus mendukung program regulator untuk meningkatkan cashless society dengan tetap …

Share This
Mediawarta