Perusahaan Seluler XL dan Indosat Merger?

MEDIAWARTA.COM – XL Axiata dan Indosat Ooredoo membentuk sebuah kekuatan baru, melalui usaha patungan (joint venture) yang diberi nama PT One Indonesia Sinergy ini. Pihak XL menempatkan Dion Pius Jefferson sebagai CEO. Sementara pihak Indosat mengirimkan Fahmi Pahlevi Aripudin sebagai Direktur.
Di dalam perusahaan patungan tersebut, XL Axiata dan Indosat Ooredoo menggelontorkan modal masing-masing Rp 1,2 miliar.  Dengan nilai tersebut keduanya berbagi saham 50:50, atau masing masing mengantongi 1.251 lembar saham. XL pun, telah melaporkan pembentukan perusahaan ini ke otoritas pasar modal dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Terkait pembentukan perusahaan yang ramai dikabarkan bisa mengarah ke aksi merger, President Director & CEO XL Axiata Dian Siswarini, tidak mengiyakan tapi tidak pula menyangkal. Menurutnya segala kemungkinan bisa saja terjadi. “Mau ada join venture atau nggak, kemungkinan akan selalu ada. Tapi sejauh ini tidak atau belum diagendakan,” ujarnya.
Dijelaskannya, pembentukan join venture PT One Indonesia Synergy atau OIS ini sendiri, sejauh ini untuk memberikan konsultasi kepada operator saja. Itu pun terkait kerja sama yang mengarah ke jaringan dan bukan pembentukan perusahaan.
“OIS akan mencari alternatif yang bisa dilakukan, awalnya antara XL dan Indosat. Nanti kedepannya, bisa terbuka untuk operator lain,” kata Dian.
Perusahaan baru ini sendiri akan memberikan gambaran network seperti apa. Lalu melihat berapa keuntungannya. Selain itu mereka diminta untuk membuat perencanaan, penilaian,  monitoring kerja sama jaringan.
 

Komentar

Check Also

Bangun 60 Unit Rumah, Perintis Regency Optimis Sold Out

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menyasar segmentasi menengah, PT Mega Land Sangtandung membangun sebuah kawasan perumahan yang …

Share This
Mediawarta