TDA Kolaborasi Dispora Siap Cetak Pemuda Jadi Pengusaha

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga Program Kewirausahaan menggelar kegiatan wirausaha dengan tema “Membangun Pemuda Mandiri, Kreatif dan Inovatif untuk Makassar Dua Kali Tambah Baik” di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard, Panakkukang, Jumat (29/4/2016) lalu.

Kegiatan melibatkan 250 pemuda yang mewakili kecamatan di Kota Makassar, khususnya bagi mereka yang baru memulai usaha (start up) dengan benar dan terbimbing.

“Dispora Makassar tidak hanya membina, tetapi juga memberikan pinjaman modal bagi peserta yang benar-benar serius menjadi wirausaha. Kami sudah bekerja sama pihak perbankan dengan menyiapkan dana Rp 25 miliar,” terang Kepala Kadispora Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Wali Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan, mengatakan, kegiatan seperti ini adalah salah satu upaya yang digiatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Bertujuan membawa Kota Makassar menuju masyarakat bebas pengangguran, kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan.

Kepala Seksi Pengembangan Wawasan dan Kreativitas Dispora Kota Makassar, Hamna Faisal, berharap pemuda Makassar banyak yang bakal menjadi pengusaha.

“Dalam membuat program, kami betul-betul ingin yang terbaik sehingga berkolaborasi dengan pihak kompoten. Seperti, dari Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Makassar, UMKM Marketing and Innovation Centre,  Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Sulsel, dan beberapa coach bisnis di Makassar,” jelas wanita yang juga koordinator acara.

Diungkapkan, pihaknya mengapresiasi para mitra karena telah mempercayakan Dispora sebagai salah satu pemberi materi kewirausahaan di program ini. “Semoga bermanfaat dan bisa menghasilkan wirausaha tangguh yang membangun Kota Makassar,” ujar Hamna.

Sementara itu, Ketua Komunitas Tangan di Atas (TDA), Andi Syahwal Mattuju, mengucapkan selamat kepada 125 orang pemuda Makassar yang menjadi peserta wirausaha baru pemuda program dari Dispora Kota Makassar angkatan kedua.

Ratna, salah seorang peserta, mengatakan, kegiatan memotivasi dirinya untuk terus belajar dalam memajukan usaha kursusnya di Jalan Kandea. “Saya berterima kasih kepada Dispora atas kegiatan ini,” imbuhnya.

Kolaborasi Pemkot Makassar bersama TDA Makassar diharapkan bisa mengarahkan pemuda untuk menjadi pengusaha sukses. Bukan lagi pemuda pencari kerja, tetapi pencipta lapangan kerja.

Sekadar diketahui, TDA Makassar merupakan komunitas wirausaha cabang dari TDA Pusat di Jakarta. Komunitas ini sudah berkembang pada 30 kota besar di Indonesia, dan lima negara lain, di antaranya Singapura, Malaysia, Australia, Hongkong, dan Arab Saudi.

Comment