Aliyah Mustika Imbau Warga Selayar Waspada Kosmetik Ilegal

MEDIAWARTA.COM, SELAYAR – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Aliyah Mustika Ilham mengimbau masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar agar waspada terhadap penyebaran obat tradisional dan kosmetika ilegal.

Hal tersebut disampaikan Aliyah pada acara sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) terkait bahaya obat tradisional, kosmetik ilegal, dan makanan di Royal Room Wisma Rehan, Jalan Ahmad Yani, Selayar, Kamis (2/6/2016).

“Perlu berhati-hati ketika akan menggunakan produk kosmetika, mengingat saat ini banyak beredar kosmetik yang membahayakan kesehatan. Umumnya yang berbahaya itu adalah kosmetika ilegal,” pesannya.

Isteri Wali Kota Makassar periode 2004-2014 ini, juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati mengkonsumsi atau membeli makanan yang berbahaya bagi kesehatan, terutama yang mengandung boraks dan formalin.

“Melalui sosialisasi ini, kami beri edukasi dan pemahaman kepada masyarakat untuk mewaspadai penggunaan kosmetik ilegal, makanan yang tidak sehat, dan obat palsu,” ujar Aliyah.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM), Muhammad Guntur, mengatakan, kosmetika ilegal cenderung diperoleh masyarakat melalui pembelian secara online.

“Kami lacak juga penjualannya di media sosial. Baik obat, makanan, dan kosmetik, bekerja sama Kepolisian dan Bandan Narkotika Nasional (BNN),” ungkapnya.

Setiap obat memiliki manfaat, kecuali obat palsu atau ilegal. Obat ilegal adalah yang tidak memiliki izin, bahkan ditemukan mengandung tepung. Dampak penggunaan obat palsu membuat kondisi tidak membaik dan pasien bertambah parah.

Guntur menambahkan, memasuki bulan Puasa masyarakat perlu lebih kritis dalam memilih makanan agar terhindar dari makanan mengandung pengawet yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Sementara itu, Bupati Selayar, Muhammad Basli Ali, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Aliyah di Selayar. Menurutnya, Aliyah merupakan salah satu anggota DPR RI yang paling aktif berkunjung ke kabupaten, terutama Selayar.

“Kita berharap agar Aliyah terus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi kami di pusat,” harapnya.

Untuk diketahui, sosialisasi ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Agung Tanrasula/Foto: Agung Tanrasula

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta