Bahaya, Ini Penyebab Utama Asam Urat

MEDIAWARTA.COM – Semuanya berawal dari makanan dan minuman tertentu, tingkat stres dan obat-obatan dapat berpengaruhi kadar asam urat. Mengetahui hal yang bisa memicu peningkatan asam urat dapat membantu Anda menghindari serangan gout (encok).

Seorang penderita gout, memiliki kandungan asam urat lebih tinggi dari tingkat normal dalam tubuh. Banyaknya asam urat yang menumpuk pada sekitar sendi, akan membentuk kristal asam urat, dapat menyebabkan peradangan yang sangat menyakitkan.

Jika seseorang terserang gout, maka dia harus mencoba untuk menjauh dari penyebab asam urat berikut ini.

Makanan

Purin ditemukan dalam semua makanan yang mengandung protein, dan makanan tinggi zat purin dapat meningkatkan tingkat asam urat dalam darah Anda. Makanan ini termasuk daging-daging organ (jeroan) seperti hati, empedal (ampela), usus, dan lain-lain. Seafood seperti ikan sarden, ikan teri, kerang, dan salmon, dan bahkan beberapa sayuran seperti bayam. Mengkonsumsi hanya satu dari makanan tersebut atau beberapa dari makanan ini dalam jumlah yang banyak, dapat menyebabkan suar gout.

Alkohol

Minuman beralkohol juga beraikbat buruk karena dapat menyebabkan Anda menjadi dehidrasi, salah satu penyebab asam urat lainnya. Namun, khusus untuk anggur tidak terkait dengan serangan gout maupun peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Anda dapat mengganti bir dengan anggur untuk menghindari peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, bir dan minuman keras dapat meningkatkan tingkat asam urat dalam darah dan tak jarang menyebabkan gout akut.

Obat

Beberapa jenis obat yang berpotensi menyebabkan peningkatan asam urat adalah diuretik, beta-blocker, dan siklosporin. Bahkan, aspirin dosis rendah juga dapat berpotensi menyebabkan gangguan asam urat. Beberapa jenis obat yang orang konsumsi untuk kondisi medis lainnya, seperti tekanan darah tinggi atau gagal jantung juga dapat menyebabkan pada peningkatan kadar asam urat.

Dehidrasi

Ketika tubuh tidak memiliki kadar air cukup, kita menjadi lebih mudah terserang asam urat karena dehidrasi membuat jumlah asam urat dalam tubuh akan menjadi naik, dan kemampuan ginjal untuk menyingkirkan asam urat berlebih menjadi menurun.

Minuman Berfruktosa

Minuman manis berfruktosa atau karbohidrat dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, dan tentu masih banyak lagi efek buruk lainnya bagi kesehatan tubuh. Kurangi mengkonsumsi minuman manis yang mengandung fruktosa.

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta