Ini Bahayanya Jika Kurang tidur

MEDIAWARTA.COM – Tidur merupakan proses alamiah tubuh untuk mengistirahatkan badan seseorang beraktivitas seharian. Padatnya aktivitas membuat kita terkadang mengabaikan pola tidur yang teratur, apalagi kalau waktu tidur dikurangi.

Kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk mengantisipasi hal itu, sebelumnya perlu diketahui beberapa bahaya kurang tidur yang bisa mengganggu kesehatan.

Risiko Terserang Penyakit Kronis

Kurang tidur membuat seseorang mengalami penurunan keseluruhan regulasi hormon dan metabolism, sehingga memiliki risiko besar terkena penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat penurunan produksi sitokin sebagai antibodi untuk melawan infeksi.

Mempengaruhi Nafsu Makan

Kurang tidur membuat seseorang aktif di malam hari, dan terkadang dapat meningkatkan nafsu makan. Kalau sudah begitu, tidak jarang makanan ringan yang tidak sehat menjadi pelampiasian untuk menahan lapar.

Resistensi Insulin Meningkat

Banyak penelitian mengungkapkan, jika seseorang kurang tidur risiko diabetes akan lebih besar diakibatkan meningkatnya resistensi insulin.

Memperburuk Penyakit

Tidur yang cukup akan mempercepat penyembuhan penyakit, sementara kurang tidur akan mengubah ritme produksi hormon penting penguat imun tubuh, sehingga proses peyembuhan dapat terganggu.

Depresi

Stress dan kurang tidur saling berkaitan erat. Jika sulit tidur, mungkin seseorang tengah mengalami stres. Apabila stres, biasanya akan merasa sulit tidur, hal ini dapat terjadi lantaran meningkatnya produksi hormon stres

Penurunan Daya Ingat

Kurang tidur dapat mempengaruhi daya ingat, kinerja, dan tingkat kewaspadaan. Hal ini mengakibatkan masalah terkait kemampuan kognitif yang akan mempengaruhi kemampuan berpikir dan memproses informasi. Pada akhirnya, ini akhirnya memperburuk kinerja sehari-hari.

Mempengaruhi Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian yang tidak teratur akan mempengaruhi keseimbangan fungsi tubuh. Berubahnya pola tidur yang seharusnya malam hari, menjadi siang hari atau sebaliknya adalah penyebab utama gangguan ini.

Kanker

Tidur dimanfaatkan tubuh untuk memperbaiki dan memelihara semua gangguan kesehatan. Jadwal atau pola tidur yang terganggu berisiko timbulnya kanker, apalagi radikal bebas juga memberikan kontribusi peningkatan risiko kanker.

Ketidakseimbangan Hormon

Sebagian besar hormon diproduksi berdasarkan ritme siang dan malam. Jika keseimbangan ini terganggu, pastinya akan meyebabkan masalah yang terkait ketidakseimbangan hormon.

Mulai sekarang, jaga diri dari pola tidur yang salah. Pastikan cukup tidur dan memiliki waktu tidur yang benar.

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta