Banjir Pesanan Parsel Jelang Lebaran

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sebagaimana bisnis kue, bisnis parsel Lebaran juga menjadi bisnis “dadakan” yang dapat menghasilkan keuntungan besar. Banyak orang lebih memilih menggunakan parsel sebagai hadiah Lebaran kepada keluarga dan koleganya lantaran lebih praktis.

Bandingkan jika memberikan jenis hadiah lain, yang bakal menyita waktu dari si pemberi hadiah untuk menyiapkannya. Apalagi di zaman modern ini, tingkat kesibukan masyarakat metropolitan sudah sangat tinggi, sehingga tidak sempat mengemas sendiri hadiah yang bakal diantarkan kepada koleganya.

Selain itu, secara psikologis keberadaan parsel juga dapat menjadi penyambung tali silaturhami orang yang tidak sempat bertemu satu sama lain. Meskipun saat ini ada beberapa instansi yang melarang pekerjanya menerima paket parsel, tetapi ternyata ini tidak lantas membuat bisnis parsel tidak lagi prospektif.

Seperti diakui seorang karyawan Sahabat Parcel, Fatma, sejak memasuki Ramadan, pihaknya sudah mulai berjualan parsel. Berdasarkan pengalaman, puncaknya terjadi seminggu sebelum Idul Fitri pesanan membeludak.

Hingga tiga hari sebelum Lebaran, semua paket parsel yang jumlahnya ratusan, sudah habis terjual. “Jumlah pesanan itu paling banyak 50 paket parsel untuk satu orang klien,” ungkapnya, saat ditemui belum lama ini di Jalan Gunung Bulukunyi, Makassar.

Adapun harga parsel variatif, tergantung besaran paket dan jenis isinya. Untuk parsel berisi makanan dan minuman ringan kemasan, harganya berada di kisaran Rp 100 ribu-Rp 650 ribu. Sementara, parsel dengan isi perlengkapan rumah tangga terbuat dari keramik, dibanderol Rp 500 ribu-Rp 3 juta. Konsumen pembeli parsel lebih dominan perusahaan ketimbang personal.

Sebelum membeli parsel, konsumen yang membeli dalam jumlah sedikit harus memesan satu hari sebelumnya. Sementara, pemesan yang ingin dalam jumlah banyak, harus memesan tiga hari sebelum parsel diantarkan.

Terpisah, salah satu pusat perbelanjaan yang menangkap peluang bisnis hampers di Kota Makassar adalah Informa Innovative Furnishings. Selain mengandalkan produk-produk furniture miliknya, anak perusahaan Kawan Lama Retail Group ini juga menjual aneka hampers.

Momen jelang Lebaran ini memang sengaja digunakan untuk berjualan hampers, karena diyakini dapat membantu meningkatkan penjualan di outletnya.

Store Manager Informa Living Plaza Latanete, Muis Mustari, mengungkapkan, ini bukan pertama kali pihaknya berjualan paket hadiah Lebaran. Tahun-tahun sebelumnya, produk hampers juga sudah dijual Informa, dan mendapat sambutan yang sangat bagus dari konsumen.

“Kebanyakan memesan hampers adalah korporasi, baik swasta maupun instansi pemerintahan. Meskipun demikian, pembeli kategori personal juga tetap ada,” bebernya.

Hampers milik Informa sengaja dikemas lebih menarik, berisi produk-produk rumah tangga berkualitas dari Informa seperti produk aksesori rumah tangga. Harganya beragam, dibanderol mulai Rp 500 ribu hingga tak terhingga. Persoalan harga disesuaikan produk apa yang dipesan pelanggan.

Nisa Nasifah/Foto: Nisa Nasifah

Komentar

Check Also

Rolling Hills Hadir di Tanjung Bunga

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Hunian Premium Premium di Tanjung Bunga yang akan dibangun disamping Trans Studio …

Share This
Mediawarta