Baru Tiba dari Denmark, Danny Jadi Narasumber Pekan Lingkungan Hidup

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pengelolaan Sampah Kota Makassar melalui Bank Sampah, semakin mendapat apresiasi di tingkat nasional. Terbukti, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto yang baru saja mendarat di Jakarta dari kunjungan ke Denmark, langsung dipercayakan menjadi keynote speaker atau narasumber utama dalam kegiatan Pekan Lingkungan Hidup yang digelar di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/6/2016) siang.

Danny, sapaan akrab Ramdhan, didaulat berbicara terkait pengelolaan sampah dan dipanelkan bersama Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, mantan Wali Kota Palembang Eddy Santana, dan Dirjen Pengendalian Pencemaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta dipandu anchor TV Prita Laura.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga memberikan kepercayaan besar kepada Makassar untuk membuka Klinik Bank Sampah pada event yang digelar 9-12 Juni 2016 ini.

Melalui surat yang ditujukan ke Wali Kota Makassar, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian LHK, Sudirman, meminta Ramdhan agar dapat mengisi Klinik Bank Sampah serta berpartisipasi mengisi booth dengan display produk daur ulang sampah yang layak, sekaligus menjadi konsultasi Klinik Bank Sampah. Sebagai bentuk apresiasi, panitia menyiapkan free booth untuk Bank Sampah Kota Makassar.

Wali Kota Makassar mengaku senang dan bangga atas kepercayaan yang kembali diberikan kepada Makassar sebagai salah satu Bank Sampah terbaik di Indonesia. Bahkan, Ramdhan telah memerintahkan Kepada Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pertamanan dan Kebesihan Kota Makassar serta Tim Produksi Percepatan dan Pengendalian Program Makassarta Tidak Rantasa (Timpro PP MTR) Kota Makassar untuk mempersiapkan kegiatan ini dengan baik.

Salah satu keputusan yang dihasilkan adalah adanya sinergi antara seluruh pendukung pameran, termasuk menyiapkan isi pameran serta dekorasi stan yang akan digunakan.

“Kepercayaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, harus kita persiapkan dengan matang. Apalagi, Makassar sebagai satu-satunya kota yang akan mengisi Klinik Bank Sampah,” ungkap Ramdhan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Timpro PP MTR, Mukhtar Tahir usai rapat. Menurut Pelaksana Tugas Kadis Sosial Ini, kehadiran Timpro PP MTR dalam kegiatan ini karena adanya keinginan Wali Kota Makassar agar semua program yang berkaitan MTR bisa berjalan baik.

“Sesuai informasi dari Tim Bank Sampah yang akan berangkat, dalam pameran nanti, Bank Sampah Kota Makassar akan membawa hasil daur ulang plastik dan enceng gondok untuk dipamerkan,” tutupnya.

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Comment