Berpuasa Baik Sehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Puasa di Ramadan bisa menjadi cara untuk lebih menyehatkan tubuh. Konsultan kardiovaskular dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, dr Eka Ginanjar, mengatakan, Puasa sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Pasalnya, Puasa sangat bagus untuk kardiovaskular. “Akan tetapi, Puasa harus dilakukan dengan benar. Puasa yang benar bisa menurunkan kolesterol dan lemak turun,” paparnya, dalam keterangan tertulisnya belum lama ini di Jakarta.

Ia mengungkapkan, Puasa yang baik antara lain makan sahur tidak berlebihan, makanan mengandung gizi seimbang, beraktivitas seperti biasa. Begitu pula saat berbuka Puasa, tidak perlu makan berlebihan.

“Tetapi kalau (makan) sahur banyak, siang malah banyak tidur. Buka Puasa nanti makannya balas dendam, semua dimakan. Itu efeknya malah kebalikannya, tidak menyehatkan,” pesan Eka.

Makan berlebihan dan kurang bergerak aktif bisa memicu penumpukkan plak di pembuluh darah. Penumpukkan plak ini lama kelamaan bisa menyumbat aliran darah. Jika aliran darah ke jantung tersumbat, bisa menyebabkan serangan jantung. Sementara, jika penyumbatan terjadi di otak, bisa menyebabkan stroke.

Eka mengungkapkan, selama bulan Puasa atau setelah Lebaran, tak sedikit pasien diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol. Penyakit kardiovaskular sepeti serangan jantung dan stroke juga kerap terjadi. Kunjungan pasien di rumah sakit setelah Lebaran pun meningkat.

Menurutnya, peningkatan pasien di rumah sakit setelah lebaran bisa terjadi karena selama bulan Puasa pasien malas datang untuk berobat, kecuali dalam keadaan darurat.

Untuk meningkatkan kesehatan tubuh selama satu bulan beribadah Puasa, Eka mengimbar agar mengomsumsi makanan sahur dan berbuka dengan bergizi seimbang atau tidak berlebihan. “Jangan lupa beraktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang, agar tidak membatalkan Puasa,” imbuhnya.

Novianti/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta