Besok, Lantamal VI Gelar Open Ship KRI Dewaruci

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI menggelar “open ship” KRI Dewaruci di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Makassar, Kamis (9/6/2016).

Kegiatan open ship KRI Dewaruci ini, bertujuan lebih mengenalkan dan mendekatkan masyarakat terhadap keberadaan KRI yang sudah melegenda tersebut.

Open ship KRI Dewaruci akan digelar selama tiga hari, mulai 9-11 Juni 2016. Nama Kapal perang ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, Dewa Ruci.

KRI Dewaruci merupakan kapal latih bagi Taruna-Taruni Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Setiap tahunnya, Taruna-Taruni  AAL berlayar dengan KRI Dewaruci ke berbagai belahan dunia dengan tujuan utama adalah latihan astronomi dan navigasi.

Selain menggunakan layar sebagai penggerak utama, KRI Dewaruci juga menggunakan mesin 986 PK Diesel sebagai alat gerak dengan satu propeler berdaun empat. Kecepatan penuh 10,5 knot dengan mesin, sembilan knot dengan layar.

Kapal berukuran panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun di HC Stulchen and Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952, yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Lantamal VI

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta