Pelindo III Sediakan Bus Gratis Bagi 5.600 Pemudik Penumpang Kapal Laut

MEDIAWARTA.COM, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) kembali menggelar mudik bersama dan menyediakan bus gratis yang dikhususkan bagi para penumpang kapal laut. Di 2016, kembali diselenggarakan setelah tahun lalu sukses menyelenggarakan kegiatan serupa bertajuk “Yuk Pulang Kampung! Mudik Gratis Bareng Pelindo III”.

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, mengungkapkan, tak kurang lima ribu orang akan diantar Pelindo III mudik langsung ke kampung halamannya.

“Setidaknya, lebih 5.600 orang pemudik kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, dan dari Pulau Sulawesi yang berangkat dari Pelabuhan Makassar, akan diantar langsung Pelindo III dari pelabuhan tujuan mudik, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang menuju kebeberapa kota tujuan akhir mudik di Pulau Jawa,” paparnya.

Edi menambahkan Pelindo III akan menyediakan bus gratis pada dua lokasi pelabuhan, Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang. Bus gratis tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Lebaran, atau mulai 28 Juni-5 Juli 2016.

Untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, setiap hari akan tersedia 10 unit yang akan melayani empat rute ke sejumlah kota di Jawa Timur. Rute tersebut, Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, dan Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

Kemudian, untuk bus keberangkatan dari Tanjung Emas tersedia enam unit yang akan melayani empat rute menuju kota di Jawa Tengah. Di antaranya, rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute Pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang. Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi asuransi yang ditanggung seluruhnya Pelindo III.

“Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis, dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri,” ulas Edi.

Program yang menggandeng BUMN lain PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan armada bus.

Beberapa nama kapal penumpang Pelni yang penumpangnya turun di Tanjung Perak dan akan langsung diantar ke beberapa kota Jawa Timur, di antaranya meliputi Kapal Tidar dan Gunung Dempo dari Pelabuhan Makasar, Kapal Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dan Nggapulu dari Pelabuhan Balikpapan, dan Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Pontianak.

Sementara di Tanjung Emas, pemudik yang berkesempatan diantar ke kampung halaman pada beberapa kota di Jawa Tengah, di antaranya berasal dari penumpang Kapal Binaiya dari Pelabuhan Sampit, Kapal Egon, dan Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Egon dari Pelabuhan Banjarmasin, dan Kapal Lawit dari Pelabuhan Pontianak.

Jumlah kursi bus dan bagasi yang disediakan untuk mudik gratis sifatnya terbatas, sebanyak 10 bus yang disediakan di anjung Perak dapat mengangkut sedikitnya 480 orang untuk setiap kapalnya. Untuk pemudik di Tanjung Emas disediakan enam bus bagi 288 orang pemudik yang turun di pelabuhan utama di Jawa Tengah.

“Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini untuk memudahkan penumpang kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga selamat sampai kota tujuan,” tutup Edi Priyanto.

Novianti/Foto: Yusuf Amri

Comment