Danny Jamin Stok Daging di Makassar Aman Hingga Lebaran

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (paling kiri) saat inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Makassar sekitar pukul 03.00 Wita, Rabu (15/6/2016)

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menjamin keamanan stok daging sapi Kota Makassar selama Ramadan hingga Lebaran tahun ini.

Hal tersebut disampaikan saat inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Makassar sekitar pukul 03.00 Wita, Rabu (15/6/2016).

“Kita harus menjamin keamanan suplai sehingga harga bisa stabil. Kita menjaga bagaimana harga ini bisa tetap di bawah Rp 100 ribu per kilogram,” ucapnya.

Danny, sapaan akrab Ramdhan, mengatakan, kebutuhan daging cenderung meningkat saat mendekati Lebaran. Sehingga, pasokannya harus terjamin. Peninjauan langsung ini merupakan upaya untuk melihat kesiapan RPH dan memantau proses ketersediaan stok, mulai ketika masih berwujud ternak kemudian menjadi daging, hingga tersuplai ke pasar-pasar.

Meski pihak RPH sendiri telah mengantisipasi lonjakan kebutuhan daging menjelang hari raya, terutama karena pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel juga telah mem-back up dengan memercayakan sapi dan jenis ternaknya yang lain dikerjakan di RPH Makassar.

Namun, Wali Kota Makassar berlatar belakang arsitek ini menyampaikan akan lebih baik lagi jika pasokan daging terjamin dengan baik. “Cuma, kita memang perlu cadangan, jangan sampai nanti ada gejolak kebutuhan yang tiba-tiba meningkat, maka kita harus tetap punya stok,” jelasnya.

Menurut Ramdhan, saat ini harga daging di pasaran sekitar Rp 85 ribu-Rp 95 ribu, namun harga ini masih di bawah Rp 100 ribu per kilogram atau cenderung masih terkendali.

“Pemerintah juga akan intervensi dengan melapis stok itu, misalnya selama ini stok sapi kita 3.000 ekor, kita lapis lagi sehingga jangan nanti tiba-tiba kekurangan stok. Itu sangat berbahaya jika di saat dibutuhkan, tiba-tiba kekurangan stok,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KP3, Abdul Rahman Bando, mencatat stok yang dimiliki RPH hingga saat ini telah mencapai 3.000 ekor sapi yang didatangkan dari berbagai daerah.

“Menghadapi bulan puasa dan Lebaran ini, stok persediaan daging kita sudah mencapai 3.000 ekor sapi, jadi masih aman,” imbuhnya.

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Comment