Dubes RI di Spanyol Salut Cara Makassar Promosikan Kotanya

MEDIAWARTA.COM, MADRID – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Spanyol, Yuli Mumpuni mengaku salut atas upaya yang dilakukan Makassar dalam mempromosikan kotanya. Hal ini disampaikannya pada hari perdana Bazar Solidario Indonesia, Makassar Day di Madrid, Spanyol, Sabtu (4/6/2016).

“Rombongan promosi kebudayaan, kesenian, serta kuliner Makassar ini memang sangat maksimal,” ucapnya.

Yuli mengaku takjub karena baru kali ini melihat rombongan yang begitu matang persiapannya sehingga kegiatan promosi wisata atau Makassar Day bisa berjalan rapi dan disiplin. Oleh karena itu, pihak KBRI juga tidak terlalu direpotkan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra, mengungkapkan, di 2016 ini KBRI Spanyol memang lebih memilih Makassar ketimbang dua kota lainnya di Indonesia. Alasannya, karena KBRI menganggap Makassar lebih memiliki potensi wisata dan investasi yang sangat menjanjikan.

Meski demikian, kedua kota yang dimaksud, Bandung dan Medan tetap akan kembali berebut kesempatan agar dipilih pihak KBRI menggelar event serupa tahun depan.

“Makanya, delegasi dari Bandung dan Medan hadir juga di Makassar Day ini guna melihat sepak terjang Makassar di daratan Eropa tersebut,” beber Firman.

Di hari pertama, Makassar Day ini berhasil menyedot 1.589 pengunjung dengan total jumlah transaksi sebesar 13.849,50 Euro, atau setara Rp 200 juta. Selain itu, pada event yang sama telah diperoleh tambahan dana hasil sumbangan berupa kupon undian yang dihargai tiga Euro per kupon. Kupon ini terjual 502 lembar sehingga total dana penjualan kupon yang terkumpul sebanyak 1.506 Euro.

Uang penjualan kupon, rencananya akan digunakan untuk tujuan sosial. Seluruh keuntungan disumbangkan ke Fundacion Reina Sofia (Yayasan Sosial Reina Sofia).

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Comment