Front Office Association Terbentuk Perdana di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menggeliatnya perekonomian di Sulsel, khususnya Kota Makassar, berimbas terhadap pertumbuhan dan menjamurnya hotel, baik hotel berbintang maupun nonbintang.

Apalagi di musim libur panjang seperti liburan sekolah, Idul Fitri, Natal, serta Tahun Baru, tingkat okupansi hotel di Makassar akan meningkat 20-30 persen dibandingkan hari biasa.

Pertumbuhan hotel dua tahun terakhir, juga sangat luar biasa. Investor sudah berani berinvestasi secara besar-besaran untuk mendirikan hotel bintang bertaraf internasional.

Secara positif, imbasnya semakin banyak terbuka lapangan pekerjaan dalam bidang perhotelan. Kendati demikian, sumber daya manusia (SDM) terkait industri perhotelan yang tersedia saat ini sangat kurang, dan tidak seimbang terhadap maraknya keberadaan hotel.

Minimnya SDM berlatar belakang pendidikan bidang perhotelan, memerlukan kesigapan manajemen. Mereka harus memperbanyak training maupun pelatihan bagi karyawan hotel agar dapat terus mengasah keterampilan dengan standardisasi pelayanan yang mumpuni.

Salah satu bidang yang sangat membutuhkan standardisasi tinggi dalam pelayanan, yaitu departemen front office (FO). Pasalnya, FO merupakan lini depan dalam menyambut tamu yang datang.

Berdasarkan hal tersebut, beberapa FO di Makassar sepakat membentuk  Front Office Association (FOA) Chapter Makassar, yang merupakan wadah organisasi para manajer dan asisten FO. Melalui FOA, mereka dapat berkumpul dan saling sharing informasi guna memperbaiki standar pelayanan dan product knowledge bagi karyawan hotel.

“Asosiasi ini, awalnya terbentuk dari grup media sosial di BB dan WA. Komunikasi yang intensif terus terjalin berkat dukungan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA). Akhirnya, secara resmi kami sepakat membentuk FOA,” terang Front Office Manager MGH, Ivonne Tumbelaka selaku tuan rumah meeting pembentukan FOA di Restoran Suki 52, Lt 1 MGH, Jalan Pasar Ikan, Makassar, Jumat (24/6/2016).

Pertemuan dihadiri manajer dan asisten FO dari 20 hotel di Makassar, di antaranya Singgasana, Grand Clarion, Grand City, Santika, Grand Asia, Swis-belinn, Favehotel Daeng Tompo, Favehotel Panakkukang, Kyriad Pesonna, Grand Imawan, Aston, Aryaduta, Horison Ultima, Ibis, Gammara, The Rinra, Swissbel Hotel Pantai, Melia, Four Points, Harper Perintis, Novotel, dan Whiz Prime.

Nisa Nasifah/Foto: Ahmad Alia

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta