Salah satu produk yang paling diburu masyarakat saat Ramadan jelang Idul Fitri adalah konveksi. Ini diperlukan untuk pembuatan busana gamis atau Muslim yang akan dikenakan saat Lebaran.

Garmen dan Konveksi Menggeliat Jelang Lebaran

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ramadan, tren bisnis busana Muslim dan perlengkapannya selalu mengalami lonjakan permintaan setiap tahun. Tidak hanya pedagang tahunan yang mampu menuai ratusan juta rupiah, pedagang dadakan pun ikut memanen laba dalam sekejap. Asal pandai membidik segmen dan bisnis digarap serius, maka rupiah bakal mengalir deras.

Dari penelusuran MediaWarta.com belum lama ini di sepanjang Jalan KH Agus Salim Makassar, terdapat beberapa toko konveksi yang dipadati pengunjung. Di Toko Harapan misalnya, masifnya pembeli telah terasa di koridor-koridor utama yang menjajakan kain rol atau gelondongan. Pembelinya kebanyakan wanita dari berbagai kalangan dan usia.

Ditemui saat melayani pembeli, salah seorang pegawai Toko Harapan, Anis, mengatakan lonjakan pembeli sudah terasa di awal Ramadan. Terkait persentase peningkatan pembeli, ia menerka sekitar 20 persen hingga 30 persen.

“Sebenarnya, di hari biasa pun kami selalu disesaki pembeli. Tetapi, saat Ramadan ini, pembeli semakin membeludak. Persisnya saya kurang tahu, tetapi persentase peningkatan memang cenderung terlihat pada kain-kain untuk membuat bahan baju Muslim,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditemui di kantornya di tempat yang sama, Store Manager Toko Harapan, Mia mengatakan penjualan relatif stabil, kendati demikian memang ada sedikit lonjakan di saat Ramadan ini.

Terpisah, saat menyusuri outlet ritel waralaba Indomaret, Jalan Gunung Latimojong, Staf Marketing Indomaret, Fitriani mengatakan saat Ramadan pembelian di gerainya mengalami peningkatan omset.

“Setiap hari, mulai awal Ramadan, omset berkisar di atas Rp 10 juta-Rp 13 juta. Kalau hari biasa, di bawah angka itu,” ungkapnya.

Adapun pembelian yang terlihat sangat melonjak adalah biskuit kaleng, sirup, buah kurma, dan bahan-bahan dasar pembuatan makanan lainnya seperti gula pasir, mentega, dan produk consumer good lainnya.

Dari telusuran ke tempat lain, mal-mal yang menjual produk ritel juga tidak kalah larisnya. Salah satu outlet yang menjual produk kecantikan, The Body Shop Trans Studio Mall (TSM), Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar, dalam menyambut Idul Fitri, juga meluncurkan paket parsel terkait Ramadan dan Lebaran.

Kontinuitas peluncuran bingkisan yang dikemas cantik itu, berdasarkan hasil evaluasi kegiatan Ramadan tahun-tahun sebelumnya yang permintaannya cukup tinggi. Bingkisan dapat dipakai sendiri, keluarga, maupun untuk relasi.

Hiasan bingkisan Lebaran biasanya mengambil ide dari ornamen beberapa negara Timur Tengah. Produk-produk yang diklaim berbahan alami dan ramah lingkungan tipikal The Body Shop, dapat membawa inspirasi baru untuk merayakan Idul Fitri.

Nisa Nasifah/Foto: Effendy Wongso

Komentar

Check Also

Nikmati Promo Buy 1 Get 1 Free ala Gastros MaRI dan Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Memanjakan lidah setiap pengunjung setianya melalui berbagai pilihan sajian menu makanan yang …

Share This
Mediawarta